Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

KTM Tunjuk Mika Kallio Gantikan Zarco di Sisa Musim MotoGP

Rabu 18 Sep 2019 09:25 WIB

Red: Endro Yuwanto

Johann Zarco

Johann Zarco

Foto: EPA-EFE/Fazry Ismail
Kallio telah tampil sebagai pembalap wildcard sebanyak 7 kali dari 2016 hingga 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Johann Zarco dan KTM berpisah lebih awal walaupun keduanya masih memiliki kontrak hingga akhir musim MotoGP tahun ini. Pembalap asal Prancis itu akan digantikan oleh Mika Kallio di sisa balapan musim ini.

Namun, Zarco tetap terikat dengan KTM hingga kontrak berakhir. "Kami harus membuat keputusan untuk memastikan menggunakan sumber daya kami sebaik mungkin dan kami saat ini berada di arah positif dengan struktur MotoGP kami," ujar Direktur KTM Motorsport Pit Beirer dalam keterangan tertulis di laman resmi tim, Rabu (18/9).

Kallio yang kini berusia 36 tahun, menjadi pembalap KTM dalam debut pabrikan asal Austria itu di MotoGP pada 2016. Ia telah memberi kontribusi ke dalam pengembangan motor RC16. Pembalap asal Finlandia itu juga telah tampil sebagai pembalap wildcard sebanyak tujuh kali dari 2016 hingga 2018.

Kallio menjalani debut di kelas primeer membela tim Pramac Racing dari 2009-2010. Setelah itu, ia kembali ke Moto2 hingga 2015 sebelum kembali lagi ke kelas MotoGP bersama KTM di tahun berikutnya dan menjadi pebalap wildcard untuk pertama kali di Valencia tahun itu.

"Kami sangat percaya jika Mika bisa membantu di tahap ini berkat pengetahuan dan latar belakang yang ia miliki," kata Beirer. "Mika telah membuktikan kemampuannya di atas RC16 dan kami senang dia bergabung lagi di jajaran kami sebagai pembalap."

Kallio akan membalap untuk Red Bull KTM Factory Racing di samping rekannya, Pol Espargaro, yang telah mengemas tujuh kali finis sepuluh besar musim ini dan meraih posisi start P2 di GP San Marino pekan lalu.

Setelah 13 seri balapan, Zarco, yang mengaku kesulitan beradaptasi dengan motor KTM, telah mengemas 27 poin dan berada di peringkat ke-17. Sedangkan, Espargaro mengumpulkan 77 poin untuk berada di peringkat ke-11. "Pada waktu yang bersamaan kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Johann atas upayanya sejak bergabung dengan proyek ambisius kami pada November tahun lalu," kata Beirer.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA