Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Masyarakat Diharapkan Sadar Berolahraga untuk Manfaat Sosial

Kamis 19 Sep 2019 18:53 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Berlari (Ilustrasi)

Berlari (Ilustrasi)

Foto: allpostersimages
Olahraga ringan berbasis komunitas bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Olahraga, Raden Isnanta mengatakan, kesadaran masyarakat untuk berkeringat via olahraga harus terus dibangun. Ini sejalan dengan semangat Indonesia yang tengah mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Isnanta menegaskan, olahraga punya banyak manfaat secara sosial, seperti memupuk rasa persahabatan, hormat terhadap sesama dan melatih untuk bekerja sama secara sosial.

“Olahraga itu membangun jiwa sportivitas, kerjasama, persahabatan, respek, dan lain-lain,” ujar Isnanta di Jakarta, Kamis (18/9). Isnanta mencontohkan, jenis olahraga ringan yang berbasis komunitas bisa dilakukan masyarakat untuk mendapatkan manfaat sosial. Misalnya, olahraga senam massal, gowes sepeda gembira, gerak jalan bersama, futsal, sepakbola, bulu tangkis.

“Nah dalam aktivitas olahraga komunitas tersebut terjadi interaksi sosial yg positif. Rasa kebersamaan penuh kegembiraan dan toleransinya kental sekali.” Imbuh Isnanta.

Untuk menunjang hal tersebut, ia menambahkan, perlu ada banyak fasilitas ruang publik untuk olahraga. Itu karena menurut dia, keberadaan ruang publik tersebut sangat ampuh guna memancing masyarakat untuk hadir dan berkumpul untuk melakukan aktivitas jasmani. Untuk menunjang hal itu, Chief Marketing Officer dari Allianz Indonesia Karin Zulkarnaen siap memenuhi kebutuhan tersebut.

Secara kelembagaan, kata di, Allianz Indonesia paham tentang manfaat sosial dari olahraga. Manfaat itu terutama pada kebersamaan dan keakraban yang terbentuk saat melakukan aktivitas luar ruang bersama-sama. Ia mengungkapkan, Allianz mewujudkan dukungannya pada olahraga dan kesehatan masyarakat lewat berbagai kegiatan dan tempat.

“Di Jakarta sendiri, Allianz memiliki Allianz Ecopark yang menjadi sarana wisata sekaligus tempat olahraga ringan seperti jogging atau jalan kaki, serta aktivitas luar ruang lainnya yang dapat dilakukan bersama keluarga maupun teman," ujarnya.

   

Selain itu, kata dia, Allianz juga membuat kegiatan lain untuk mendorong warga berolahraga seperti Allianz Sweat Challenge yang rutin diadakan di Allianz Ecopark serta Allianz Explorer Camp yang diselenggarakan bagi pesepakbola remaja.

  • Lewat ajang itu, Allianz mendukung olahraga tim, sepak bola, sekaligus memupuk kebersamaan keluarga. Sebab, salah satu syarat menjadi peserta kegiatan itu adalah dukungan dari orang tua kepada anak-anak yang akan mendaftar kegiatan tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA