Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Marc Marquez Lanjutkan Dominasi di Aragon

Ahad 22 Sep 2019 19:50 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Marc Marquez

Marc Marquez

Foto: EPA-EFE/Javier Cebollada
Marquez mengakhiri sesi balapan dengan keunggulan 4,8 detik dari para pesaingnya.

REPUBLIKA.CO.ID, ALCANIZ -- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, melanjutkan dominasinya di Sirkuit Motorland Aragon, Alcaniz, Spanyol. Pembalap berjuluk The Baby Alien itu menjadi yang tercepat di sesi balapan di GP Aragon pada seri ke-14 MotoGP 2019, Ahad (22/9) petang WIB.

Kemenangan ini sekaligus memperpanjang dominasi Marquez di Sirkuit Motorland Aragon dengan raihan kemenangan beruntun dalam empat tahun terakhir. Bahkan, pembalap asal Spanyol itu mengakhiri sesi balapan dengan keunggulan 4,8 detik dari pesaing-pesaingnya.

Melahap 23 lap di sesi balapan, Marquez mencatatkan waktu 41 menit 57 detik. Sementara di podium kedua ditempati oleh pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, kemudian diikuti pembalap Pramac Ducati, Jack Miller, yang finis di tempat ketiga.

Dominasi Marquez di Aragon ini sebenarnya sudah terendus di sesi kualifikasi. Juara bertahan MotoGP itu unggul lebih dari setengah menit dari pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, guna memastikan pole position di sesi balapan. Ia pun mengawali balapan dengan begitu apik dan mampu meninggalkan pesaing-pesaingnya mulai dari lap pertama.

Memasuki lap kelima, Marquez bahkan sudah mencatatkan keunggulan lebih dari dua detik di posisi terdepan. Sementara Marquez terus menjauh dari kejaran-kejaran pesaing-pesaingnya, performa apik mampu ditunjukan Dovizioso di sepanjang balapan. Mengawali lomba dari posisi ke-10, pembalap asal Italia itu sukses finis di posisi kedua.

Kiprah apik Dovizioso ini berawal dari keberhasilannya merangsek ke peringkat keenam pada lap pertama. Posisi ini berhasil dipertahankan pembalap berusia 33 tahun itu pada dua lap berikutnya. Bermodal kekuatan motor Desmosedeci GP18 ditambah pengalamannya, Dovizioso mampu melewati pembalap-pembalap di depanya.

Pada lap kesembilan, Dovizioso sudah mampu berada di belakang Quartararo dan bersaing untuk memperebutkan posisi kelima. Tidak berhenti sampai di situ, pada dua lap berikutnya, Dovizioso sukses mengambil-alih peringkat ketiga dari Miller. Usaha Dovizioso untuk bisa terus mendekati Marquez akhirnya berbuah maksimal pada lap ke-21.

Dovizioso melewati pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales, untuk bisa menempati peringkat kedua. Di sisi lain, di akhir lap, Vinales harus gigit jari dan gagal naik ke podium lantaran dilewati Miller.

Bagi Dovizioso, ini menjadi podium pertama sejak terakhir kali naik podiom di GP Austria, pertengahan Agustus lalu. Tak hanya itu, keberhasilan finis di peringkat kedua juga membawa Dovizioso bertahan di peringkat kedua klasemen sementara pembalap dengan raihan 202.

"Sebelum balapan, kami tahu, kami bisa finis di podium. Saya merasa siap dan ingin terus mendorong. Meski kurang bagus di awal lomba, tapi saya berhasil mempertahankan kecepatan dan menjaga kondisi ban. Kami benar-benar membutuhkan hasil ini, terutama setelah start dari peringkat kesepuluh,'' kata Dovizioso seperti dikutip Crash.

Namun, Dovizioso tidak bisa berbuat banyak saat penghuni puncak papan klasemen sementara pembalap, Marquez, finis di posisi terdepan di GP Aragon. Keberhasilan Marquez ini pun melebarkan selisih jarak dengan Dovizioso, menjadi 98 poin.

Marquez mengaku strategi yang telah disiapkan timnya pada sepanjang akhir pekan ini telah berjalan dengan lancar. Ia pun begitu yakin dengan strategi timnya. "Kami terus menjauh dari awal lomba, dan bisa mencatatkan selisih hingga sekitar lima detik serta mempertahankan jarak. Hasil lomba ini sangat luar biasa, terutama tampil di depan pendukung saya sendiri di Spanyol,'' jelas Marquez.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA