Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Indonesia Wakil Tunggal Asia Tenggara di Piala Asia U-16

Senin 23 Sep 2019 11:12 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Aditya Daffa Al Haqi (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Cina Ailikuti Aishajiang (kanan) pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Ahad (22/9/2019).

Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Aditya Daffa Al Haqi (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Cina Ailikuti Aishajiang (kanan) pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Ahad (22/9/2019).

Foto: Antara/Galih Pradipta
Indonesia lolos ke Piala Asia U-16 sebagai runner up terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas U-16 Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang akan berlaga di Piala Asia U-16 2020 di Bahrain. Indonesia lolos ke Piala Asia U-16 sebagai runner up terbaik.

Yaman, Uzbekistan dan Oman juga melaju ke Piala Asia sebagai empat peringkat kedua terbaik di fase kualifikasi. Sementara 11 tim yang melaju ke Piala Asia U-16 sebagai juara grup kualifikasi adalah Tajikistan (juara Grup A), India (Grup B), Iran (Grup C), Arab Saudi (Grup D), Qatar (Grup E), Uni Emirat Arab (Grup F), China (Grup G), Australia (Grup H), Korea Utara (Grup I), Jepang (Grup J) dan Korea Selatan (Grup K).

Tim terakhir yang akan berlaga di turnamen itu tentu saja sang tuan rumah Bahrain. Absennya negara-negara Asia Tenggara di Piala Asia U-16 2020 berbeda dengan situasi edisi sebelumnya.

Pada tahun 2018, ada empat negara Asia Tenggara yang berkompetisi, yakni Malaysia sebagai tuan rumah, Thailand, Vietnam dan Indonesia. Indonesia ketika itu menjadi tim terbaik di antara keempat negara tersebut setelah berhasil melaju ke babak delapan besar. Lolosnya Indonesia ke Piala Asia U-16 2020 disambut gembira oleh PSSI.

"Tentu kita bersyukur atas hasil yang dicapai timnas U-16 Indonesia. Mereka sudah berjuang habis-habisan pada laga terakhir. Dengan lolos ke putaran final, persiapan tim harus lebih baik lagi," ujar Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Tim nasional U-16 yang dilatih Bima Sakti mencatatkan torehan apik di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Skuat berjuluk Garuda Asia itu tidak terkalahkan di Grup G kualifikasi, menang tiga kali dan imbang sekali dari empat laga. Mereka melesakkan 27 gol dan hanya kebobolan satu gol.

Di pertandingan terakhirnya di fase grup yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (22/9) malam, Indonesia menahan imbang China dengan skor 0-0.

Selain itu, gelandang serang Indonesia Marselino Ferdinan juga berhasil menjadi pencetak gol terbanyak kedua di kualifikasi dengan tujuh gol, sama dengan Choe SongJin dari Korea Utara.


Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA