Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Presiden Madrid Dikabarkan Bidik Xabi Gantikan Zidane

Senin 23 Sep 2019 15:00 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Xabi Alonso

Xabi Alonso

Foto: EPA/KIKO HUESCA
Rangkaian hasil mengecewakan Madrid berimbas pada munculnya rumor pemecatan Zidane.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Berbeda pada kesempatan pertamanya menukangi Real Madrid, kiprah Zinedine Zidane sebagai pelatih Los Blancos pada musim ini terbilang kurang meyakinkan. Meski belum sekalipun menelan kekalahan di pentas La Liga Spanyol, tapi performa Madrid dinilai jauh dari kata memuaskan.

Di lima laga awal La Liga musim ini, Madrid kehilangan empat poin usai ditahan imbang Real Valladolid dan Villarreal pada jornada kedua dan ketiga, pertengahan bulan lalu. Selain itu, dari lima laga tersebut, gawang Real Madrid selalu kebobolan di empat laga.

Sementara di pentas Liga Champions, performa Madrid justru jauh lebih buruk. Tim asal Ibu Kota Spanyol itu menyerah di tangan Paris Saint Germain (PSG), 0-3, pada laga pembuka babak penyisihan Grup A Liga Champions, pertengahan bulan ini. Rangkaian hasil mengecewakan Los Blancos ini pun berimbas pada munculnya rumor pemecatan Zidane.

Baca Juga

photo
Zinedine Zidane


Seperti dilansir Mundo Deportivo, Senin (23/9) waktu setempat, Presiden Real Madrid, Florentino Perez, dikabarkan mulai frustasi dan kecewa dengan kinerja Zidane di kursi pelatih. Akhirnya, sejumlah nama pelatih pun tengah dipersiapkan oleh manajemen Los Blancos untuk menggantikan pelatih asal Prancis tersebut.

Salah satunya adalah nama mantan gelandang Real Madrid dan Bayern Muenchen, Xabi Alonso. ''Perez dikabarkan tertarik untuk memboyong Xabi Alonso kembali ke Madrid. Alonso, yang mendapatkan lisensi kepelatihan bersama Raul Gonzalez, sempat melatih tim junior Madrid U-14 pada musim 2017/2018,'' tulis laporan dari Mundo Deportivo, seperti dikutip Football Espana.

Setelah memutuskan gantung sepatu pada 2017, Xabi memang langsung mengambil lisensi kepelatihan UEFA. Xabi berbagi kelas kepelatihan dengan mantan sesama rekan di timnas Spanyol, seperti Raul, Xavi, Joan Capdevilla, dan Victor Valdes. Setelah resmi mendapatkan lisensi kepelatihan, mantan gelandang Liverpool itu akhirnya direkrut Real Madrid untuk melatih tim U-14 Real Madrid pada musim 2017/2018.

Xabi dikabarkan sempat mendapatkan tawaran untuk menjadi pelatih permanen di tim junior Real Madrid. Namun Xabi menolak tawaran tersebut.

Eks gelandang bertahan Bayern Muenchen itu lebih memilih untuk bergabung bersama klub yang membesarkan namanya, Real Sociedad. Di tim asal Basque itu, Xabi menukangi tim Real Sociedad B sejak Juni 2019.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA