Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Valverde: Barcelona Harus Menang untuk Atasi Krisis

Selasa 24 Sep 2019 00:12 WIB

Red: Bayu Hermawan

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Valverde menegaskan Bercelona harus memenangkan dua pertandingan pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Ernesto Valverde menegaskan, Barcelona harus meraih hasil positif kala menghadapi Valencia dalam pertandingan pekan keenam Liga Spanyol, pada Rabu (25/9) WIB. Menurutnya hal itu untuk merespon krisis yang menyelimuti Blaugrana, setelah kalah dari Granada pada akhir pekan lalu.

Barcelona melakukan start terburuk mereka di Liga Spanyol dalam 25 tahun terakhir, pada musim ini. Barcelona telah kalah dua kali dalam lima pertandingan terakhir. Barca juga belum merasakan kemenangan dari empat pertandingan away terakhir di semua ajang kompetisi. Saat ini, Blaugrana tercecer di posisi ketujuh klasemen sementara La Liga Spanyol.

Sumber dari ESPN FC menyebut, Valverde tengah dalam tekanan jelang pertandingan melawan Villarreal pada Rabu (25/9) mendatang dan Getafe akhir pekan nanti. Sejumlah pemain Barcelona dikabarkan telah kehilangan kepercayaan terhadap Valverde, meski Presiden Barca Josep Maria Bartomeu belum punya rencana untuk memecat dirinya.

"Ini hal yang biasa terjadi di sepak bola dimanapun juga. Anda bisa berada di dalam krisis dalam setiap tiga hari, namun anda juga bisa dengan cepat keluar dari krisis itu," ujarnya pada Senin (23/9).

"Satu-satunya cara untuk meredam krisis ini adalah dengan meraih enam poin pada pekan ini. Itu yang harus kami coba lakukan," ucapnya melanjutkan.

Valverde yang telah berhasil mempersembahkan trofi La Liga untuk Barcelona dalam dua musim berturut-turut, mulai mendapat sorotan karena tak juga mampu memenangkan trofi di level Eropa.

Valverde terus mendapat tekanan setelah Barcelona tersingkir secara menyakitkan dari Liverpool di Liga Champions musim lalu, serta kalah dari Valencia di ajang Copa del Rey. Namun, Valverde mengatakan tekanan terhadap dirinya adalah hal yang biasa harus dihadapi oleh pelatih manapun.

"Pelatih selalu menjadi sorotan, itulah posisi saya saat ini, dan ini sudah terjadi sejak awal," ucapnya.

"Tidak ada yang baru disana, karena seorang pelatih akan dinilai dari apa hasil yang dicapai oleh timnya. Musim sebelumnya kami selalu bisa jauh lebih konsisten dari tim manapun, dan memiliki keunggulan dibanding tim lain. Tetapi musim ini kami belum memulai dengan baik," ujarnya.

"Kami harus melihat apa yang salah pada musim ini. Bukan hanya membandingkan dengan musim lalu. Kami masih bisa memenangkan Liga Spanyol dan mengatasi situasi buruk ini," tegasnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA