Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Sudirman Berharap Persija Manfaatkan Momentum

Kamis 26 Sep 2019 03:07 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pesepak bola Persija Jakarta Riko Simanjuntak (kiri) dan Ramdani Lestaluhu (kanan) melakukan selebrasi usai Heri Susanto berhasil mencetak gol ke gawang Barito Putera di menit ke-53 pada liga Laga 1 2019 pekan ke-20 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (23/9/2019).

Pesepak bola Persija Jakarta Riko Simanjuntak (kiri) dan Ramdani Lestaluhu (kanan) melakukan selebrasi usai Heri Susanto berhasil mencetak gol ke gawang Barito Putera di menit ke-53 pada liga Laga 1 2019 pekan ke-20 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (23/9/2019).

Foto: Antara/Suwandy
Borneo FC bukan lawan mudah bagi Persija.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta bertekad untuk bangkit dari tren negatif yang menghantui tim sepanjang gelaran Liga 1 musim ini. Meski tidak menderita banyak kekalahan, skuat Macan Kemayoran berulang kali gagal meraih kemenangan karena harus puas dengan hasil imbang.

Dari 18 laga yang telah dilakoni, Ismed Sofyan dan kawan-kawan hanya mampu memetik empat kemenangan, delapan kali imbang, dan enam sisanya kalah. Perolehan 20 poin membuat Persija terpuruk di papan bawah klasemen sementara Liga 1 2019.

Selain itu, terhitung dua pelatih telah diberhentikan manajemen tim karena gagal membawa Persija duduk di tempat semestinya sebagai juara bertahan. Mereka adalah Ivan Kolev dan Julio Banuelos yang menjadi korban atas kegagalan yang dialami oleh tim.

Kali ini, Persija ditangani oleh pelatih sementara Sudirman yang berhasil membawa Persija menang tipis 1-0 dari Barito Putera pada laga perdananya meramu tim. Laga selanjutnya, Persija akan menantang Borneo FC pada Jumat (27/9) di Stadion Segiri, Samarinda.

Ini merupakan laga tandang ke-9 bagi skuat Persija. Musim ini, Macan Kemayoran memang belum pernah menang di kandang lawan. Dari delapan pertandingan tandang yang sudah dijalani, Persija mengalami empat kali imbang dan empat kali mengalami kekalahan.

Kendati demikian, Sudirman yakin bisa meraih kemenangan pada laga tersebut. Ini sekaligus menjadi tantangan bagi Sudirman untuk meramu tim di hadapan suporter lawan. Sudirman mengaku terus memberikan motivasi agar kemenangan di tandang bisa terwujud.

Sudirman menyadari Borneo FC saat ini sedang berada dalam tren positif. Dari lima laga terakhir, Borneo berhasil memenangkan satu laga di kandang, tiga hasil imbang di kandang lawan, dan kalah satu kali saat tandang ke markas Bali United. Bahkan, di musim ini Borneo terbilang sangat kuat saat bermain di kandang. Hal ini dibuktikan dari 10 laga kandang, Borneo hanya menderita satu kali kekalahan dengan skor 1-2 dari Persebaya Surabaya.

Selain itu, Borneo merupakan salah satu tim yang bersaing di papan atas klasemen sementara. Dari 19 laga yang telah dilakoni, Borneo mampu meraih tujuh kemenangan, sembilan kali imbang, dan hanya kalah tiga kali. Koleksi 30 poin yang dimiliki Borneo, sama dengan dua tim lainnya yakni Arema FC dan Persebaya yang duduk di peringkat empat dan lima. Borneo yang kalah dalam agresivitas gol menduduki peringkat keenam klasemen sementara.

Kendati demikian, Sudirman yang berhasil menganalisis kekuatan lawan saat menjamu Barito Putera optimistis bisa membawa tim meraih kemenangan saat menantang Borneo. Dia meminta kepada tim agar tampil dengan percaya diri. "Untuk partai tandang kami memang belum pernah menang. Namun saya tekankan kepada para pemain untuk datang dengan kepala tegak. Datang dengan ambisi meraih kemenangan agar berdampak positif kepada tim," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA