Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Penggawa Real Madrid Dominasi Tim Terbaik FIFA 2019

Selasa 24 Sep 2019 14:25 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Sergio Ramos

Sergio Ramos

Foto: Nick Potts/PA via AP
Sergio Ramos telah 10 kali masuk dalam tim terbaik versi FIFA selama kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Real Madrid mendominasi Tim Terbaik FIFA FIFPro World11 2019. Sergio Ramos, Marcelo, Luka Modric, dan Eden Hazard menjadi empat dari 11 pemain terbaik dalam gala The Best FIFA Awards di Kota Milan, Italia, Selasa (24/9) pagi WIB.

Sebanyak 23 ribu profesional memberikan suaranya dalam pemilihan starting XI terbaik musim lalu tersebut. Alisson Becker terpilih untuk mengisi posisi kiper, lalu di barisan belakang ada Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Sergio Ramos, dan Marcelo. Sementara di lini tengah ada Frenkie de Jong, Eden Hazard, dan Luka Modric. Untuk lini serang, diisi oleh Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi.

Sergio Ramos telah 10 kali masuk dalam tim terbaik versi FIFA selama kariernya, dan sembilan kali beruntun dalam sembilan tahun terakhir. Kapten Real Madrid itu menjadi pemain Spanyol yang paling banyak bermain, melewati rekor yang dipegang Andres Iniesta. Sementara Marcelo, telah enam kali masuk dalam kategori ini, setelah masuk pada tahun 2012, 2015, 2016, 2017, dan 2018.

Modric juga telah masuk dalam lima tahun terakhir. Kemudian Hazard, yang musim lalu masih berstatus pemain Chelsea, itu memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Ia memberikan the Blues gelar Liga Europa sebelum memutuskan pindah ke Santiago Bernabeu.

Dua pemain Liverpool, Alisson Becker dan Van Dijk memang sudah diprediksi. Keduanya mampu membawa Liverpool menjuarai Liga Champions musim lalu.

Van Dijk sebelumnya memenangkan gelar pemain terbaik Eropa, mengalahkan Messi dan Ronaldo. ''Sangat spesial berada di sini. Berada di sini jelas sebuah kebanggaan, saya akan menikmati setiap momen itu,'' ucap Van Dijk, dikutip dari laman resmi Liverpool, Selasa (24/9).

Alisson, menjadi satu-satunya kiper yang kebobolan paling sedikit di Liga Primer Inggris musim lalu. Mantan pemain Roma tersebut hanya kebobolan 22 gol, yang membuat the Reds finis di posisi runner-up musim lalu.

Barcelona juga mengirimkan dua wakilnya dalam tim terbaik FIFA tersebut. Lionel Messi sudah dipastikan masuk karena memenangkan pemain terbaik FIFA. Messi membawa Barca mengawinkan gelar domestik, Coppa del Rey dan La Liga Spanyol. Frenkie de Jong, memang baru bergabung ke klub Katalan. Tapi namanya bisa masuk ke tim terbaik FIFA karena tampil impresif bersama Ajax musim lalu.

De Jong membawa Ajax menjuarai Liga Belanda musim lalu. Ia juga menjadi sorotan karena menuntun Ajax melaju sampai ke semifinal Liga Champions.

Juventus pun tak ingin kalah, dengan dua pemainnya yang masuk dalam daftar tim terbaik FIFA tersebut. Ronaldo, sudah jelas, sebagai kandidat pemain terbaik FIFA pasti masuk mengisi posisi penyerang tim ini. Sementara Matthijs de Ligt sama dengan De Jong.

De Ligt, yang menjadi kapten termuda Ajax itu memang tampil mengesankan musim lalu, sehingga membuat Juventus tertarik memboyongnya ke Turin. Paris Saint-Germain, hanya mendapatkan satu slot dari Kylian Mbappe. Mbappe membawa PSG menjuarai Ligue 1 Prancis musim lalu.

Sayangnya, rekan setim Mbappe, Neymar, justru tak masuk dalam daftar tim terbaik FIFA tahun ini. Anehnya lagi, Manchester City yang berhasil menjuarai Liga Inggris dua musim berturut-turut, justru tak mampu mengirimkan wakilnya. Nama-nama besar seperti Sergio Aguero, Raheem Sterling, atau Kevin De Bruyne tak tampak dalam 11 pemain di tim terbaik tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA