Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Belum Masuk Skuat Utama Liverpool, Klopp Minta Keita Sabar

Sabtu 28 Sep 2019 17:56 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan

Naby Keita

Naby Keita

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Meski puas dengan penampilan Keita, namun Klopp belum memasukan ke skuat utama.

REPUBLIKA.CO.ID, SHEFFIELD -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp merasa puas dengan penampilan gelandang tengah Naby Keita pada laga Piala Liga tengah pekan kemarin. Meski demikian ia sangat berhati-hati untuk menurunkan pemain mengingat kondisi tubuhnya belum 100 persen fit.

Keita turut mengantarkan kemenangan teh Reds 2-0 atas MK Dons pada babak ketiga Piala Liga 2019/2020. Sang pemain tampil 63 menit pada laga yang dimainkan di Stadion MK Miton Keynes.

Meski begitu, Klopp tak ingin memaksa Keita untuk bermain lebih lama dan lebih memilih untuk menjaga kebugaran pemain demi kepentingan jangka panjang tim.

"Sangat pentung untuk membuatnya tetap fit setelah cedera yang dialami. Jadi kami harus benar-benar peka dalam situasi itu, karena jelas itu bisa berdampak buruk terhadap pemain dan tim," jelas Klopp dikutip laman resmi klub, Sabtu (28/9).

Klopp pun mengambil contoh dari cederanya Alex Oxlade-Chamberlain yang baru kembali pada akhir musim lalu. Chamberlain yang merupakan andalan Klopp di lini tengah pada dua musim lalu harus rela tergusur ke bangku cadangan hingga saat ini setelah permainannya belum kembali seperti semula.

Kendati demikian, Chamberlain tetap bekerja keras untuk mengembalikan kemampuannya sehingga bisa kembali masuk starting utama the Anfield Gank. Hal yang sama juga harus dilakukan Keita agar waktu bermainnya di Liverpool bisa bertambah musim ini.

Meski belum tentu main sebagai pemain inti tetapi keberadaan Keita jadi salah satu senjata Liverpool untuk mengarungi musim 2019/2020.

"Masa paling sulit masih akan datang. Apa yang kami lakukan sejauh ini cukup berat tetapi periode terberat masih akan datang - November, Desember, Januari dan kami akan membutuhkan semua pemain untuk periode itu. Kita harus memastikan semuanya tersedia," sambung eks pelatih Borussia Dortmund.

Pemain asal Guinea itu memang sudah absen sejak mengalami cedera pinggul dalam kemenangan Liverpool atas Chelsea di Piala Super Eropa 2019. Menurut asisten pelatih Liverpool, Pepijn Lijnders, Keita sudah mulai fit dan bisa diturunkan pada laga tengah pekan kemarin.

Kini Liverpool bersiap untuk mempertahankan tren positif di pentas Liga Primer Inggris saat berkunjung ke markas Sheffield United, Sabtu (28/9) malam WIB.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA