Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Fajar/Rian Melaju ke Babak Final Korea Open 2019

Sabtu 28 Sep 2019 17:45 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Foto: DOK PBSI
Ganda putra Indonesia lolo ke partai final Korea Open 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, INCHEON -- Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Ardianto lolos ke partai final nomor Ganda Putra Korea Open 2019. Fajar/Rian sukses mengandaskan perlawanan pasangan ganda putra Cina, Li Jun Hui/Liu Yu Chen, lewat dua set langsung, 27-25, 22-20, dalam laga yang digelar di Airport Skydome, Incheon, Sabtu (28/9) siang.

Menghadapi unggulan ketiga di ajang Korea Open 2019, Fajar/Rian sebenarnya tidak terlalu diunggulkan. Pasalnya, dari rekor pertemuan antara kedua pasangan ganda putra tersebut, Fajar/Rian kalah 2-4. Bahkan, pada pertemuan terakhir, Fajar/Rian harus rela disingkirkan pasangan asal Cina tersebut di pentas Jepang Terbuka 2018 silam.

Namun, Fajar/Rian akhirnya bisa membalikan prediksi tersebut. Lewat perjuangan keras di dua set, pasangan ganda putra yang menempati unggulan keenam di Korea Open 2019 itu sukses mengalahkan peringkat ketiga dunia nomor ganda putra versi BWF tersebut.

Pada awal set pertama, Fajar/Rian sempat mencatatkan keunggulan hingga dua poin atas Li/Liu. Namun, saat memasuki poin kelima, Li/Liu berhasil mengejar perolehan poin Fajar/Rian. Kendati begitu, saat kedua pasangan tersebut sama-sama menyentuh poin ke-13, peforma Li/Liu justru menurun.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh Fajar/Rian. Bahkan, peringkat keenam dunia versi BWF itu sempat unggul empat poin dari Li/Liu saat skor menunjukan 20-16. Perlawanan sengit mampu ditunjukan Li/Liu hingga akhirnya mampu menyamakan kedudukan 20-20. Namun, Fajar/Rian tidak mau membuang kesempatan begitu saja untuk bisa meraih kemenangan di set pertama.

Fajar/Rian akhirnya menutup set pertama dengan kemenangan, 27-25. Mampu meraih kemenangan di set kedua, penampilan Fajar/Rian lebih tenang pada set kedua. Fajar/Rian bahkan mampu selalu unggul dan meninggalkan Li/Liu dalam perolehan poin.

Perlawanan terakhir ditunjukan pasangan Li/Liu dengan menyamakan kedudukan dan terus memaksakan deuce. Namun, performa meyakinkan Fajar/Rian tidak bisa terbendung akhirnya menutup set kedua dengan skor 22-20.

Di partai final Korea Open 2019, Fajar/Rian sudah ditungggu oleh unggulan keempat di turnamen ini, yaitu ganda putra Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Di babak semifinal, ganda putra Jepang tersebut berhasil menyingkirkan ganda putra tuan rumah, Choi Sogyu/Seo Seung Jeo, dengan skor 21-13.21-14.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA