Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Ini Lima Kapten Terbaik yang Pernah Dimiliki Arsenal

Selasa 01 Okt 2019 09:10 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto

Tony Adams

Tony Adams

Foto: thefa.com
Arsenal sepanjang sejarah punya beberapa kapten yang dianggap terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, Pilihan kapten sebuah tim sepak bola kadang mengandung perdebatan. Tapi orang-orang biasanya setuju bahwa kelima orang ini merupakan yang terbaik yang pernah bermain di klub elite Liga Primer Inggris, Arsenal.

Arsenal sepanjang sejarah punya beberapa kapten yang dianggap terbaik. Berikut daftar lima kapten terbaik Arsenal dilansir dari Fourfourtwo awal pekan ini.

1. Tony Adams (kapten Arsenal 1988-2002)

Ia juga dijuluki Mr Arsenal karena membantu pengembangan pesepak bola muda Arsenal. Ia jadi satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola Inggris yang menjadi kapten sekaligus memenangi gelar liga di tiga dekade berbeda. Sebelumnya, Adams sudah jadi kapten di usia 21 tahun. Ia produk pengembangan talenta muda Arsenal. Sepanjang kariernya, ia membantu perolehan gelar juara Divisi 1 (2 kali), dua juara Liga Primer, tiga Piala FA, dua juara Piala Liga, dan satu trofi UEFA. Adam tampil sebanyak 504 lagi bagi the Gunners. Ia pantas disebut legenda Arsenal karena menghabiskan seluruh kariernya di Arsenal.

2. Patrick Vieira (2002-2005)

Vieira telah meninggalkan Arsenal sekitar 15 tahun lalu, tapi Arsenal masih belum bisa menemukan penggantinya. Vieira punya skill khusus yang tak ditemukan pada pemain the Gunners lain. Pemain asal Prancis itu memenangi enam gelar dalam negeri dan memperkuat tim di musim tak terkalahkan Arsenal pada musim 2003/2004.

3. Frank McLintock (1967-1973)

McLintock menjadi figur berpengaruh di Arsenal pada akhir 1960-an hingga awal 1970-an. Ia jadi kapten pada 1968 usai terpilih sebagai pemain terbaik Arsenal di tahun sebelumnya. McLintock terpilih sebagai pesepak bola terbaik pada musim 1970.

4. Joe Mercer (1946-1955)

Setelah Perang Dunia II, Mercer bergabung dengan Arsenal dari Everton. Kehadirannya sangat berpengaruh hingga langsung dijadikan kapten. Pemain bertahan itu menunjukkan komitmen pada tim. Bersama Mercer, Arsenal dua kali memuncaki gelar Divisi I Liga Inggris dan gelar Piala FA.

5. Thierry Henry (2005-2006)

photo
Thierry Henry


Henry hanya menjadi kapten resmi Arsenal pada musim 2005-2006, tapi sepanjang masa itu dia menjadi pemimpin tim yang hebat. Dia juga jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Arsenal. Pengaruh Henry sangat diakui oleh sang pelatih Arsene Wenger. Padahal awalnya Henry hanya didatangkan ke Arsenal atas nama pinjaman singkat. Henry bisa membantu tim meraih posisi ketiga Liga Inggris dan bertarung di Liga Champions. Henry membantu pembangunan tim muda Arsenal bersama Wenger. Ia membantu pengembangan bakat muda seperti Alex Iwobi, Reiss Nelson, dan Eddie Nketiah.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA