Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Lawan Tira Persikabo, Persipura Dominasi di Babak Pertama

Rabu 02 Okt 2019 16:29 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan

Logo Liga 1 Indonesia

Logo Liga 1 Indonesia

Foto: liga-indonesia.id
Persipura unggul sementara 1-0 atas Tira Persikabo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertarungan antara dua klub papan atas tersaji pada laga lanjutan pekan ke-22 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Rabu (2/10) sore WIB. Adalah Persipura Jayapura menjamu PS Tira Persikabo.

Pada laga kali ini, tim asuhan Jackson F. Tiago memberikan inisiatif serangan. Sejak pertandingan dimulai, serangan yang dibangun oleh penggawa Mutiara Hitam mampu menekan hingga ke lini pertahanan Tira Persikabo.

Hingga pada menit ke-4 gol cepat mampu diciptakan oleh Persipura. Gol tersebut diciptakan oleh Todd Rivaldo Ferre dengan tendangan keras dari kotak 16 saat mendapatkan bola rebound dari pemain belakang Tira Persikabo.

Gelombang serangan terus diberikan oleh Persipura ke lini pertahanan Tira Persikabo. Hingga pada menit ke-15 tim asuhan Rahmad Darmawan tampak kesulitan untuk keluar dari skema permainan Persipura.

Skuat Mutiara Hitam memaksa penggawa Tira Persikabo bermain di separuh lapangan pertahanannya sendiri. Beberapa kesalahan kerap dilakukan pemain tengah Tira Persikabo sehingga justru memberikan keuntungan kepada Persipura.

Hingga menit ke-20 Tira Persikabo belum memberikan ancaman berarti ke gawang yang dijaga oleh Dede Sulaiman. Upaya yang dilakukan pemain tengah Persikabo hanya memberikan umpan-umpan jauh sehingga dapat dengan mudah dipatahkan oleh pemain belakang Persipura.

Tira Persikabo baru mampu melepaskan tembakan ke arah gawang pada menit ke-24. Namun, tendangan yang dilakukan oleh Louis Parfait itu masih meleset. Pada menit ke-26, Persipura hampir memperlebar kedudukan saat Louis Kabes mengeksekusi tendangan bebas beberapa meter dari kotak 16.

Beruntung bagi Tira Persikabo, tendangan melengkung Louis Kabes hanya berada tipis di atas mistar gawang Syahrul Trisna. Tira Persikabo akhirnya mampu memberikan ancaman ke gawang Persipura pada menit ke-30, namun umpan matang ke kotak penalti yang dilesatkan oleh Rifad gagal dikonversi menjadi gol oleh pemain depan Tira Persikabo.

Tira Persikano kembali mendapatkan peluang pada menit ke-38 saat kiper Persipura, Dede Sulaiman gagal menangkap bola liar. Namun lagi-lagi berhasil diamankan oleh pemain belakang Persipura. Setelah mengamankan bola, Persipura langsung memanfaatkannya untuk melancarkan serangan balik dengan cepat.

Titus Bonai lantas melakukan serangan individu yang mengarah langsung ke gawang, sehingga memaksa pemain belakang Tira Persikabo untuk menjatuhkan Tibo, beruntung pelanggaran terjadi di luar kotak penalti.

Pertandingan semppat diwarnai oleh kericuhan dimana pemain kecewa dengan keputusan yang diambil oleh wasit. Tensi tinggi permainan juga membuat perselisihan terjadi antara beberapa pemain dari masing-masing tim. Beruntung rekan setim mampu meredam amarah pemain yang tersulut emosi. Laga pun dapat kembali dilanjutkan.

Persipura Jayapura terus memberikan tekanan ke gawang Tira Persikabo hingga menit-menit akhir babak pertama. Begitupun yang dilakukan Tira Persikabo berusaha menciptakan peluang untuk menyamakan kedudukan. Namun, tidak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan oleh kedua tim hingga turun minum. Skor sementara bertahan 1-0, keunggulan bagi Persipura Jayapura.

Berikut adalah susunan pemain kedua tim:

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman (kiper), Andre Ribeiro, Israel Wamiau, Muhammad Tahir, Yohanes Tjoe, Louis Kabes, Ibrahim Conteh, Imanuel Wanggai, Todd Rivaldo Ferre, Gunansar Mandowen, dan Titus Bonai.

Tira Persikabo: Syahrul Trisna Fadillah (kiper), Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Muhammad Kasim, Rifad Marasabessy, Munadi, Osas Saha, Louis Parfait, Roni Sugeng, Loris Arnaud, Ryan Kurnia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA