Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

FA Dakwa Bernardo Silva Bersalah Atas Cicitan 'Rasialis'

Rabu 02 Oct 2019 23:21 WIB

Red: Israr Itah

Bernardo Silva

Bernardo Silva

Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Silva memiliki waktu hingga 9 Oktober untuk merespons.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain Manchester City Bernardo Silva telah didakwa melakukan pelanggaran oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) atas cicitan yang ia kirim ke rekan setimnya Benjamin Mendy. Silva membandingkan Mendy dengan karakter pada paket Conguitos, merek permen yang dijual di Spanyol dan Portugal. Conquitos menampilkan sosok kartun berkulit coklat dengan bibir tebal pada bungkusnya. Mendy adalah pesepak bola Prancis berkulit gelap.

Bernardo Silva diduga telah melakukan pelanggaran berat aturan FA, di dalamnya pelanggaran menyatakan secara jelas atau tersirat penghinaa ras dan/atau warna dan/atau asal etnis. Silva memiliki waktu hingga 9 Oktober untuk merespons.

Rekan Silva dan Mendy yang juga berkulit gelap, Raheem Sterling membela Silva atas cicita tersebut. Cicitan itu dibuat pada 22 September pukul 12:44 waktu London, tetapi dihapus pada 13:30. Silva kemudian menuliskan di Twitter-nya,"Bahkan tidak bisa bercanda dengan teman hari ini."

FA kemudian menghubungi City untuk pengamatan mereka. Sementara Silva telah menulis surat kepada FA untuk mengatakan bahwa dia menyesali kenyataan bahwa posting media sosialnya mungkin secara tidak sengaja menyebabkan pelanggaran.

Badan amal anti-diskriminasi Kick It Out mengkritik cicitan tersebut dan mendesak FA untuk bertindak, menambahkan bahwa stereotip rasilis tidak pernah dapat diterima sebagai olok-olok.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu (2/10), seperti dikutip dari BBC, FA mengatakan kegiatan Silva dituduh telah "menghina dan/atau perbuatan tidak patut dan/atau membawa permainan menjadi jelek".

Silva telah berulang kali dibela oleh manajer Manchester City Pep Guardiola yang mengatakan sebuah kesalahan menghukum sang playmaker karena cicitan tersebut.

Pemain depan Inggris Raheem Sterling mendukung Silva melawan tuduhan rasialisme, dengan mengatakan itu merupakan candaan antara dua teman.

Mendy juga menulis dukungan kepada Silva, mengatakan dia tidak tersinggung oleh cicitan itu.

Bek Prancis Mendy dan Silva adalah teman dekat dan bermain bersama di AS Monaco sebelum keduanya bergabung dengan City pada 2017. Video sebelumnya tentang keakraban Silva dengan Mendy juga telah diteruskan ke FA.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA