Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Minggu, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Tumbangkan Persib, Madura United Naik ke Posisi Kedua

Sabtu 05 Okt 2019 20:25 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Pemain Madura United (MU) melakukan selebrasi usai mencetak gol. (ilustrasi)

Pemain Madura United (MU) melakukan selebrasi usai mencetak gol. (ilustrasi)

Foto: Antara/Saiful Bahri
Madura United mengoleksi nilai 38 dari 22 laga, tertinggal 10 poin dari Bali United.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Madura United berhasil naik ke posisi kedua klasemen sementara Liga 1 menggusur PS Tira Persikabo. Ini setelah Madura United menumbangkan Persib Bandung 2-1 dalam laga pekan ke-22 di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (5/10) malam.

Madura United mengoleksi nilai 38 dari 22 laga, tertinggal 10 poin dari Bali United di puncak. Namun Bali United baru memainkan 20 pertandingan. Sementara Persib tertahan di posisi 11 dengan nilai 24 dari 21 pertandingan.

Jalannya laga
Persib Bandung memasang duet Dedi Kusnandar dan Omid Nazari di lini tengah. Pelatih Persib Robert Rene Alberts menempatkan Esteban Vizcarra di sayap kiri untuk mengisi kekosongan posisi Ghozali Siregar yang absen karena cedera.

Di kubu Madura United, pelatih Rasiman memutar otak dengan banyaknya pemain yang absen karena cedera. Madura United menempatkan Guntur dan Alfath Fathier untuk mengamankan lini belakang.

Laga belum genap tiga menit, Persib sudah unggul melalui Febri. Memanfaatkan kecepatannya, ia menggocek pemain belakang Madura United sebelum menjebol gawang yang dijaga Satria Tama. Dari sisi kiri, ia melepas tendangan ke tiang jauh. Beberapa pemain Persib berusaha menyongsong bola, tapi kemudian membiarkannya sehingga mengecoh Satria Tama.

Persib mendominasi serangan ke pertahanan Madura United. Sementara Greg Nwokolo dan kawan-kawan lebih banyak mengandalkan counter attack.

Pada menit ke-16, Greg membangun serangan solo, tapi berhasil digagalkan oleh Nick Kuipers. Madura United melepas kesempatan sepak pojok yang oleh Guntur.

Saling serang terjadi kemudian terjadi pada menit ke-20. Serangan Madura dibalas Persib melalui counter attack cepat. Kali ini kerja sama Ezechiel dan Febri gagal menambah keunggulan bagi Persib.

Menit ke-25, tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan. Syahrian Abimanyu melepaskan tendangan bebas. Bola sempat menyentuh Nick, sebelum berubah arah  menjebol gawang Persib. 

Menit ke-32, Persib kembali melepas peluang dari sepak pojok yang masih bisa diantisipasi oleh Satria Tama. Madura kembali mendapat peluang dari tendangan bebas depan kotak penalti. Namun sepakan Greg masih membentur pagar hidup.

Jelang akhir babak pertama Madura United mendominasi lini pertahanan Persib. Wasit memberikan waktu tambahan 2 menit untuk kedua tim. Tapi peluang Persib pada menit akhir gagal menghasilkan keunggulan. Babak pertama berakhir dengan skor 1-1.

Babak kedua dibuka dengan tekanan Madura United ke lini pertahanan Persib. Laskar Sape Kerrab mendominasi permainan dengan menekan lini pertahanan Persib.

Menit ke-62, Madura United mendapatkan hadiah penalti dari wasit atas pelanggaran yang dilakukan Achmad Jufriyanto. Alberto 'Beto' Goncalves dengan mudah mengeksekusi tendangan penalti. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Madura United.

Tuan rumah terus menekan lini pertahanan Persib lewat Greg dan Beto. Sementara Persib lebih banyak tertahan di tengah lapangan.

Kejadian tidak menyenangkan didapatkan oleh Omid Nazari saat kaki Syahrial Abimanyu naik tinggi mengenai wajah Omid. Pemain asing Asia milik Persib ini tidak dapat melanjutkan pertandingan dan digantikan oleh Hariono.

Dalam posisi tertinggal, Persib kehilangan akal untuk mencari gol penyama. Masuknya Frets Butuan tak banyak membantu. Persib hanya mendapatkan satu peluang kala Febri menerima bola umpan silang di kotak penalti. Febri ragu untuk menahan padagal tak terjaga. Ia langsung melepaskan tendangan first time pelang yang membuat bola dapat diantisipasi dengan mudah oleh Satria Tama.

Tambahan waktu dua menit diberikan wasit pada pengujung babak kedua. Namun Persib tidak mampu memanfaatkan waktu tersebut untuk setidaknya menyamakan skor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA