Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Derita Tottenham Berlanjut, Menyerah 0-3 dari Brighton

Sabtu 05 Oct 2019 20:36 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Gelandang Tottenham Hotspur Moussa Sissoko (kiri) berebut bola dengan penyerang Brighton Neal Maupay.

Gelandang Tottenham Hotspur Moussa Sissoko (kiri) berebut bola dengan penyerang Brighton Neal Maupay.

Foto: EPA-EFE/James Boardman
Gol cepat the Seagulls hadir melalui penyerang Neal Maupay pada menit ketiga.

REPUBLIKA.CO.ID, BRIGHTON -- Tottenham Hotspur gagal bangkit dari kekalahan memalukan 2-7 di Liga Champions pada tengah pekan ini. Para pemain Tottenham kembali harus tertunduk setelah dipermalukan Brighton and Hove Albion 0-3 pada laga pekan kedelapan Liga Primer Inggris di Stadion American Express, Sabtu (5/10).

Baca Juga

Gol cepat the Seagulls hadir melalui penyerang Neal Maupay pada menit ketiga. Dua gol lainnya dicetak Aaron Connolly pada menit ke-32, dan 65.

Hasil ini membuat Tottenham Hotspur tercatat menelan tiga kekalahan dari delapan pertandingan terakhir Liga Primer Inggris 2019/2020. Tiga kekalahan itu semuanya terjadi pada laga tandang. Tottenham belum pernah menang dalam laga tandang sejauh ini tertahan di posisi keenam. Tim asuhan Mauricio Pochettino mengoleksi nilai 11, terpaut 10 poin dari Liverpool di urutan pertama. Posisi Tottenham terancam turun, tergantung hasil dari tim-tim di bawahnya yang belum melakoni laga pekan kedelapan.

Sedangkan Brighton naik ke posisi 12 dengan berhasil mengemas sembilan angka berkat dua kemenangan, tiga seri, dan tiga kekalahan. Ini merupakan kemenangan kandang pertama Brighton di Liga Primer Inggris musim ini.

Jalannya laga

Brighton langsung memainkan bola dengan cepat. Petaka hadir bagi tim tamu setelah tandukan Neal Maupay dari jarak dekat tak dapat diantisipasi kiper Hugo Lloris. Lima menit berselang Tottenham kehilangan Lloris karena menderita patah tangan akibat jatuh saat gol pertama. Posisi Lloris di bawah mistar digantikan oleh Paulo Gazzaniga pada menit kedelapan.

Membuka skor lebih dahulu membuat rasa percaya diri pemain Brighton meningkat. Pada menit ke-10 peluang kembali hadir bagi the Seagulls. Kali ini Dale Stephens mencoba melakukan tembakan keras dari sebelah kanan kotak 16. Sayang spekulasinya masih melenceng sedikit ke kiri gawang Gazzaniga.

Memasuki pertengahan babak, finalis Liga Champions terlihat masih kesulitan menembus rapatnya lini belakang Brighton yang dikawal Adam Webster, Lewis Dunk, serta Dan Burn.

Publik American Express kembali bergemuruh setelah gol kedua hadir melalui tembakan akurat Aaron Connolly pada menit ke-32. Striker asal Irlandia membuat Brighton unggul 2-0 usai tembakannya yang mengarah ke sudut kanan bawah tak bisa diantisipasi dengan baik oleh Gazzaniga.

Skor 2-0 untuk keunggulan Brighton Albion bertahan hingga peluit istirahat berbunyi. Merujuk pada statistik babak pertama Tottenham terlihat kesulitan untuk mengembangkan permainan. The Lilywhites tercatat kalah dalam jumlah penguasaan bola 45 persen berbanding 55 persen milik Brighton. Sedangkan untuk masalah kreasi atau pun peluang tuan rumah sukses melakukan lima percobaan dengan dua tembakan berbuah gol. Tottenham hanya melepas satu percobaan tepat sasaran.

Tertinggal dua gol Tottenham tampil lebih menekan pada interval kedua. Pelatih Mauricio Pochettino melakukan pergantian pemain dengan memasukan Harrry Winks menggantikan Tanguy Ndombele pada menit ke-46.

Pergantian tersebut menimbulkan reaksi positif bagi alur bola di lini tengah Tottenham. Namun, sayang lini depan mereka masih tanpa taring untuk merobek gawang lawan. Percobaan Harry Kane, Erik Lamela, dan Son Heung-min masih bisa diredam deretan bek Brighton.

Memasuki pertengahan babak kedua giliran Brighton yang mengambil alih permainan. Terdapat tiga percobaan mereka yang berbuah satu gol.

Aksi pertama terjadi pada menit ke-61 melalui gelandang tengah Dale Stephens. Ia melepas tendangan dari luar kotak penalti melanjutkan tendangan sudut Pascal Gross. Upayanya tersebut masih bisa diblok Gazzaniga.

Menit ke-63 giliran Pascal Gross mencoba peruntungannya dengan melepas tembakan dari sudut sempit. Hasilnya, bola membentur mistar gawang Tottenham.

Berselang dua menit, Brighton sukses menambah pundi-pundi golnya lewat Connolly. Usai menerima assist Lewis Dunk, Connolly langsung melepaskan tembakan dengan sepakan kaki kanan dari sebelah kiri gawang Tottenham. Skor 3-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pochettino menarik Son yang sedang berada di performa kurang apik pada laga kali ini. Penyerang asal Korea Selatan itu diganti oleh Lucas Moura pada menit ke-73. Namun, hingga peluit panjang berbunyi kesebelasan asal London Utara gagal memperkecil kedudukan dan skor tetap berahir 3-0.

Ini merupakan kali kesepuluh secara beruntun Tottenham gagal menang pada laga tandang di Liga Primer Inggris, dihitung sejak akhir musim lalu. Bagi Brighton, catatan delapan laga tak pernah menang di kandang pada pertandingan liga terhenti.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA