Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

ASEAN Ingin Piala Dunia 2034 Digelar dalam Satu Kawasan

Senin 07 Oct 2019 22:30 WIB

Red: Endro Yuwanto

Piala Dunia, ilustrasi

Piala Dunia, ilustrasi

Namun, tidak mungkin seluruh negara ASEAN menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) sepakat agar pelaksanaan Piala Dunia FIFA 2034 dilangsungkan di dalam kawasan ASEAN. Kesepakatan ini tertuang dalam pertemuan The 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) di Manila, Filipina, Senin (7/10).

Meskipun Indonesia melalui PSSI sudah mengusulkan diri bersama Australia untuk mencalonkan diri menjadi salah satu co-host untuk agenda tersebut, pimpinan rapat meminta agar negara-negara ASEAN mengingat hasil kesepakatan dalam pertemuan terpisah sebelumnya.

Menurut keterangan tertulis Kemenpora yang diterima di Jakarta, Senin, melalui pernyataan KTT ASEAN ke-34 dalam pengembangan pengajuan bersama tuan rumah Piala Dunia FIFA, sudah dinyatakan tentang poin kebersamaan ASEAN untuk tetap mencalonkan diri bagi bidding tersebut. Para delegasi ingin agar proses bidding dan pelaksanaan Piala Dunia FIFA 2034 bisa dilakukan dengan sesama negara anggota ASEAN.

Delegasi Indonesia, yang dipimpin Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, sebelumnya telah berkonsultasi dengan PSSI untuk melakukan pembahasan bersama antara AFC, AFF, dan Sekretariat ASEAN mengenai rencana itu.

Pada pertemuan tersebut didapat kesimpulan bahwa hasrat negara untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 jangan sampai mengecilkan kesepakatan ASEAN. "Tidak mungkin seluruh negara ASEAN menjadi lokasi pertandingan (maksimal mungkin tiga negara), masing-masing negara harus melakukan koordinasi dengan federasi sepak bolanya, dan ASEAN harus memanfaatkan momentum giliran di kawasan Asia dengan maksimal. Kalau tidak, akan jatuh ke China," kata Gatot.

Pada pertemuan tersebut, seluruh negara ASEAN juga sepenuhnya mendukung pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Penentuan bidding tersebut akan dilakukan pada tanggal 23 atau 24 Oktober 2019, dengan Brasil dan Peru akan menjadi pesaing Indonesia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA