Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Dampak Brexit, Messi dan Ronaldo Bisa Absen Main di Inggris

Rabu 09 Oct 2019 07:51 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo.

Foto: EPA/Alejandro Garcia.
Lionel Messi dan Ronaldo boleh jadi tak bisa masuk ke Inggris mulai 31 Oktober.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit, tidak hanya akan berdampak pada ekonomi, tapi juga sepak bola. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo boleh jadi tak bisa masuk ke Inggris mulai 31 Oktober 2019. Itu karena hukum baru yang akan berdampak pada pelarangan siapa pun yang punya jejak kriminal dalam pekerjaannya masuk ke Inggris.

Baca Juga

Sebelumnya, orang bisa masuk ke Inggris selama dianggap tak mengancam keamanan nasional. Namun, aturan baru ini akan menyasar mereka yang pernah terbukti bersalah melakukan kecurangan pajak saat permohonan visa. Beberapa pemain, termasuk Messi dan Ronaldo, pernah tersandung kasus hukum terkait dengan kecurangan pajak di Spanyol. 

"Jika Anda masyarakat Uni Eropa dan Anda terbukti pernah menyerang atau pernah dihukum penjara, Anda akan ditolak masuk ke Inggris Raya," kata pengacara dari firma hukum Lewis Silkin, Andrew Osborne, dikutip dari AS, Rabu (9/10)

Pemain lainnya adalah Marcelo dan Diego Costa, yang juga bisa terdampak terhadap peraturan baru. Messi divonis hukuman penjara 21 bulan pada 2017, walaupun akhirnya sukses mengganti hukuman tersebut menjadi denda. Sementara Ronaldo, pernah dihukum 23 bulan penjara dalam bentuk percobaan, dan denda 18,8 juta euro pada awal tahun ini.

Secara teori, bintang Barca dan Juventus tersebut tak bisa membela negara maupun ke klub di tanah Inggris, jika Brexit benar-benar terjadi. Di sisi lain, beberapa pesepak bola beken lainnya juga terancam tak bisa merumput di Ingris, jika mereka terbukti melanggar ketentuan dari otoritas pajak Spanyol. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA