Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

RD Akui Mentalitas Pemain Tira Persikabo Menurun

Kamis 10 Oct 2019 16:28 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Fokus tim pelatih Tira Persikabo saat ini adalah mengembalikan mental tim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Performa PS Tira Persikabo yang kian menurun pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019, tengah menjadi sorotan. Setelah sebelumnya mampu mempertahankan catatan positif mengarungi 13 laga tanpa kekalahan, kini penampilan Laskar Padjajaran justru menukik tajam.

Teranyar, PS Tira Persikabo takluk 0-3 di tangan Persipura Jayapura. Hasil ini membuat PS Tira gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga secara beruntun.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan mengakui mentalitas anak asuhnya sedang menurun. Ia mengatakan, secara keseluruhan daya juang pemain untuk memenangkan pertandingan tidak seperti saat mempertahankan prestasi tak terkalahkan pada putaran pertama Liga 1 2019.

Pria yang akrab disapa RD ini menegaskan perlu adanya evaluasi untuk memperbaiki kondisi tim saat ini. "Saya menyoroti mentalitas tim di mana fighting spirit ada penurunan dan ini menjadi fokus untuk memperbaiki kondisi itu," ujar RD dikutip dari laman resmi Liga 1, Kamis (10/10). "Saya lihat ada penurunan motivasi tapi bukan dalam keadaan parah. Masih bisa diatasi karena ini hanya masalah trust saja, mereka harus cepat bangkit."

Saat ini, RD sedang berupaya mengembalikan kondisi fisik pemain setelah kembali dari libur. Ia berharap Ciro Alves dan kawan-kawan bisa memahami taktik bermain dengan lebih cepat di tengah banyaknya pemain yang absen untuk memenuhi panggilan tim nasional.

Di sisi lain, mantan arsitek tim Mitra Kukar itu mengaku memiliki satu agenda uji coba tertutup melawan tim yang masih dirahasiakan. "Saya mengembalikan kondisi fisik mereka untuk kembali ke level yang mereka punya sambil terus memberi pemahaman taktik bermain. Jujur kemarin kami tidak punya banyak waktu untuk berlatih bersama karena banyak pemain yang dipanggil ke timnas juga," jelas RD.

Saat ini, posisi Tira Persikabo di papan klasemen sudah tergeser oleh Madura United. Padahal, Laskar Padjajaran sempat menduduki peringkat pertama klasemen dan bersaing ketat dengan Bali United.

Namun, kegagalan Ciro Alves dkk mencuri poin pada beberapa laga terakhir, membuat Tira Persikabo tersisih ke peringkat ketiga dengan torehan 36 poin, selisih dua poin dengan Madura United di peringkat kedua. Sementara, Bali United tampak kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 48 poin. Laga terdekat Tira Persikabo adalah melawan Bhayangkara FC pada 19 Oktober mendatang.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA