Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

FIFA Umumkan 3 Kandidat Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Rabu 04 Sep 2019 23:01 WIB

Red: Israr Itah

Logo FIFA

Logo FIFA

Foto: AP
FIFA menyebutkan ada tiga asosiasi yang mengajukan proposal resmi sesuai persyaratan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- FIFA mengumumkan tiga negara yang mengajukan proposal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dalam laman resminya, FIFA menyebutkan ada tiga asosiasi yang mengajukan proposal resmi sesuai persyaratan.  Ketiganya, yakni Asosiasi Sepak Bola Brasil (CBF), Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Sepak Bola Peru (FPF).

Baca Juga

":Sebagaimana dinyatakan dalam Ikhtisar Proses Penawaran, FIFA akan meninjau dan menilai tawaran, dan keputusan akhir tentang tuan rumah akan dibuat oleh Dewan FIFA pada pertemuan berikutnya di Shanghai, China pada 23 dan 24 Oktober," kata FIFA di laman resminya, Rabu (4/9).

Sebelumnya, tiga negara Arab, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Bahrain dilaporkan juga akan mengajukan proposal sebagai tuan rumah. Namun ternyata proposal yang diterima FIFA dan memenuhi syarat tinggal tiga saja. Sebelumnya, Thailand dan Myanmar juga berencana sebagai tuan rumah bersama, namun mundur.

Akhir bulan lalu, Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth menyatakan dukungan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menyambut baik dukungan penuh negara-negara ASEAN untuk Indonesia. “Ini hal yang positif buat Indonesia. Tentu kita membutuhkan dukungan dari negara kawasan ASEAN,” kata Tisha, yang saat ini juga menjabat sebagai wakil presiden AFF.

Untuk pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 ini, PSSI juga telah mendapatkan persetujuan dan dukungan dari Presiden Joko Widodo. Dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U20, Indonesia menyiapkan sepuluh stadion, yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Patriot (Bekasi), Jalak Harupat (Bandung) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya). 

Piala Dunia U-20 merupakan turnamen tertua kedua FIFA. Secara historis, turnamen ini menjadi tempat beraksinya para pemain sebelum menjadi legenda sepak bola dunia. Tercatat Diego Maradona, Lionel Messi, Robert Prosinecki, Andres Iniesta, Antoine Griezmann, Mohamed Salah, Gerard Pique, Paul Pogba dan banyak pemain lain pernah berlaga di Piala Dunia U-20.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA