Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Romelu Lukaku Catat Rekor di Timnas Belgia

Jumat 11 Okt 2019 18:32 WIB

Red: Bayu Hermawan

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku

Foto: AP/Luca Bruno
Romelu Lukaku menjadi satu-satunya pemain yang bisa mencetak 50 gol untuk Belgia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Romelu Lukaku mencatatkan sejarah bersama tim nasional Belgia. Penyerang Inter Milan itu menjadi satu-satunya pemain yang telah mencetak 50 gol bersama timnas Belgia.

Mantan penyerang Manchester United itu menjaringkan dua gol saat Belgia menghadapi San Marino, dalam pertandingan kualifikasi Euro 2020 di Stadion Raja Baudouin, Brussels, Belgia, Jumat (11/10) dini hari WIB. Total Lukaku telah mencetak 51 gol dalam 83 penampilannya bersama timnas Belgia.

Dalam pertandingan itu, Belgia berhasil menang telak atas San Marino dengan skor 9-0. Hasil itu membuat Belgia membukukan catatan sapu bersih tujuh kemenangan dan mengukuhkan diri di puncak klasemen Grup I dengan koleksi 21 poin.

Belgia kini unggul 11 poin dari peringkat ketiga Siprus (10). Padahal laga penyisihan grup tinggal menyisakan tiga pertandingan lagi untuk dijalani.  Sejak laga belum digelar, ketimpangan sudah bisa diprediksi bakal terjadi mengingat San Marino identik sebagai penderita di antara negara-negara Eropa di dunia sepak bola. Terlebih lagi dalam pertemuan pertama di kandang San Marino sebulan silam, Belgia menang 4-0 atas lawannya tersebut.

Walhasil statistik mencatat Belgia memiliki 83 persen penguasaan bola dengan 43 percobaan tembakan yang 16 di antaranya menemui sasaran meski dua gol mereka berasal dari gol bunuh diri lawan. Romelu Lukaku mengemas dua gol sedangkan Nacer Chadli, Youri Tielemans, Christian Benteke, Yari Verschaeren dan Timothy Castagne masing-masing menyumbang satu gol.

Hasil itu memastikan Belgia bakal tampil untuk keenam kalinya dalam putaran final Piala Eropa, meski prestasi terbaik mereka sejauh ini sebagai runner-up pada edisi 1980.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA