Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Gol Tunggal Giroud Antarkan Prancis Atasi Islandia

Sabtu 12 Okt 2019 05:51 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Prancis Olivier Giroud merayakan golnya ke gawang Islandia bersama rekan-rekannya.

Penyerang Prancis Olivier Giroud merayakan golnya ke gawang Islandia bersama rekan-rekannya.

Foto: AP Photo/Brynjar Gunnarsson
Prancis mengalahkan Islandia 1-0 pada laga Grup H Kualifikasi Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minim tampil di klub tak menjadi masalah bagi Olivier Giroud saat dipercaya membela timnas Prancis. Penyerang Chelsea ini menjadi pahlawan les Bleus lewat golnya pada menit ke-66 saat Prancis mengalahkan Islandia 1-0 pada laga Grup H Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavík, Sabtu (12/10) dini hari WIB.

Baca Juga

Hasil ini menempatkan Prancis semakin dekat dengan putaran final Euro 2020. Juara Piala Dunia 2018 berada posisi kedua Grup H di belakang Turki yang mengalahkan Albania 1-0 berkat gol Cenk Toson. Kedua tim sama-sama mengumpulkan nilai 18, tapi Prancis menempati posisi kedua setelah kalah 0-2 dari Turki di Konya pada Juni lalu. Prancis berkesempatan revans saat kedua tim bersua di Stade de France pada Selasa (15/10).

Prancis tanpa Kylian Mbappe, Paul Pogba, dan Hugo Lloris yang cedera. Nasib buruk belum berhenti saat Ngolo Kante mengalami cedera otot saat pemanasan. Alhasil posisinya di staring XI diberikan pelatih Didier Deschamps kepada Moussa Sissoko.

Kedua tim berjuang untuk menciptakan peluang di babak pertama yang buruk karena Les Bleus gagal memberikan bola matang kepada Antoine Griezmann. Penyerang Barcelona ini baru memiliki peluang terbaik saat tembakannya diblok kiper Hannes Thor Halldorsson tiga menit jelang turun minum.

Prancis akhirnya menemukan jalan keluar saat Griezmann dijatuhkan oleh Ari Skulason. Giroud yang maju sebagai eksekutor mengecoh Halldorsson dari titik putih menit ke-66.

Dengan 37 gol internasional, Giroud kini terpaut empat gol dengan catatan legenda Prancis Michel Platini. Hanya Thierry Henry yang mencetak gol lebih banyak untuk Prancis (51) dibandingkan Giroud dan Platini.

Prancis nyaris menggandakan keunggulan saat percobaan Blaise Matuidi membentur tiang. Islandia terus memberikan ancaman kepada Prancis, namun gagal untuk setidaknya menyamakan skor hingga laga berakhir. 

Islandia menempati posisi ketiga Grup H dengan nilai 12 dari tujuh laga. Dengan tiga laga tersisa, Islandia masih punya peluang lolos karena akan menghadapi dua tim terbawah Moldova dan Andorra serta bertemu Turki yang dikalahkan 2-1 pada pertemuan pertama. Islandia butuh Prancis menaklukkan Turki awal pekan depan untuk mewujudkan skenario lolos langsung tanpa perlu mengikuti play-off lewat jalur Liga Bangsa-Bangsa.

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA