Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Jelang Lawan Palestina, Timnas Arab Saudi Kunjungi Al Aqsha

Senin 14 Oct 2019 22:54 WIB

Red: Israr Itah

Kompleks Masjid Al Aqsha. (ilustrasi)

Kompleks Masjid Al Aqsha. (ilustrasi)

Foto: dok.Istimewa
Kunjungan ke Al Aqsha itu merupakan bagian dari perjalanan timnas Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH --- Timnas Arab Saudi mengunjungi kompleks Al Aqsha pada Senin (14/10). Kunjungan itu dilakukan jelang pertandingan bersejarah melawan timnas Palestina dalam laga Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang akan berlangsung di Tepi Barat pada Selasa (15/10). 

Kunjungan ke Al Aqsha itu merupakan bagian dari perjalanan timnas Arab Saudi di wilayah Palestina yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Terlebih pada pertandingan kedua tim yang akan berlangsung besok, menjadi yang pertama kalinya bagi Arab dan Palestina saling berhadapan di Tepi Barat. 

Ketua otoritas olahraga Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Turki Al Faisal mengatakan keputusan tim untuk bermain di Tepi Barat datang sebagai respons atas permintaan Federasi Palestina yang menginginkan untuk menjadi tuan rumah pertandingan itu. “Atas permintaan saudara-saudara di Federasi Palestina, Federasi Sepak Bola Saudi setuju untuk memainkan pertandingan tim pertama di kualifikasi Asia di kota Ramallah di Palestina,” kata Otoritas Olahraga Arab Saudi pada 3 Oktober dalam sebuah pernyataan di Twitter seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (14/10).

Sebelumnya sejumlah timnas negara-negara Arab menolak menggelar pertandingan di Tepi Barat lantaran mereka harus mengajukan izin masuk terlebih dahulu pada Israel. Sementara timnas Arab Saudi tiba di Kota Ramallah di Tepi Barat pada Ahad (13/10) dengan menggunakan bus dari Yordania. Palestina pun menyambut baik kedatangan timnas Arab Saudi. 

“Kami menyambut mereka, ini rumah kedua mereka. Apakah timnas Saudi yang menang atau tim nasional Palestina yang menang, sama saja,” kata seorang mahasiswa di Ramallah.

Sementara itu Presiden Federasi Sepak Bola Arab Saudi Yasser al-Mishal turut memberikan tanggapan atas kunjungan timnas Arab Saudi ke Al Aqsha. “Ini hari yang paling indah dalam hidup saya. Sungguh, sulit untuk mengekspresikan perasaan. Saya bersyukur kepada Tuhan bahwa saya dapat mengunjungi masjid al-Aqsa dan berdoa di dalam masjid, ” kata Yasser al-Mishal.

Laga Palestina vs Arab Saudi akan berlangsung di Stadion Internasional Faisal Al-Husseini, al-Ram dengan 12.500 tempat duduk. Arab Saudi saat ini berada di puncak Grup D setelah melakoni dua pertandingan, sementara Palestina di urutan keempat dengan nilai tiga. Uzbekistan, Singapura, dan Yaman melengkapi grup ini. 

sumber : Andrian Saputra
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA