Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Hadapi Inggris, Pelatih Kosovo: Pantang Gentar!

Selasa 10 Sep 2019 15:07 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Bernard Challandes

Bernard Challandes

Foto: EPA/VALDRIN XHEMAJ
Kosovo merupakan tim kuda hitam pada kualifikasi Euro 2020 Grup A.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Timnas Kosovo bakal melakoni laga bergengsi saat berjumpa tuan rumah timnas Inggris pada lanjutan Grup A Kualifikasi Euro 2020 di Stadium St Mary's, Southampton, Rabu (11/9) dini hari WIB nanti. Jelang laga, pelatih Kosovo Bernard Challandes menegaskan bahwa timnya sama sekali tak gentar.

"Kami (Kosovo) akan menghadapi salah satu tim terbaik di dunia sepak bola saat ini. Bahkan, saya menilai Inggris merupakan tim terbaik di level internasional saat ini," ujar juru taktik berusia 68 tahun dikutip Sky Sport, Selasa (10/9).

Kosovo merupakan tim kuda hitam pada kualifikasi Grup A. Bersant Cellina dan kolega sukses mengamankan dua kemenangan dengan dua laga lain berakhir imbang. Otomatis negara yang belum lama ini merdeka untuk sementara berada di posisi kedua klasemen dengan perolehan nilai delapan hanya terpaut satu angka atas Inggris di kursi pertama klasemen.

Menang atas Bulgaria dan Republik Ceska dalam dua pertandingan Grup A terakhir menghadirkan peluang kuat untuk Kosovo lolos ke turnamen besar pertama. Namun, Kosovo bakal menghadapi tantangan terberat di markas Southampton.

Challandes mengaku merasa kesulitan untuk menentukan taktik dan strategi yang akan dimainkan oleh pasukannya. Meski demikian, ia enggan melihat pasukannya menyerah sebelum peluit panjang berbunyi.

"Ini taktik yang sangat mendesak. Mungkin kami akan mengandalkan serangan balik menunggu mereka kehilangan bola dan lalu mencetak gol. Karena gegenpressing bukan hanya pertahanan, itu persiapan untuk gol bagi kami," sambung Challandes.

Setelah diangkat sebagai pelatih timnas Kosovo pada bulan Maret tahun lalu, Challandes telah menikmati awal yang luar biasa dalam perannya sebagai juru taktik. Ia mengawali 14 pertandingan tak terkalahkan dalam masa jabatannya.

Di sisi lain, Besar Halimi kembali jadi pilihan utama Challandes di lini tengah Kosovo. Penggawa muda milik klub Brondby itu merupakan generator permainan the Rising Eagles. Menghadapi gelandang-gelandang kelas satu milik the Three Lions, Halimi bakal kembali menjadi pemain paling diandalkan Kosovo.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA