Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Jelang Vs Vietnam, Indonesia Punya Rekor Bagus

Selasa 15 Okt 2019 13:30 WIB

Red: Endro Yuwanto

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (kiri) berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-Seo di sela konferensi pers menjelang pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Sanur, Bali, Senin (14/10/2019).

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (kiri) berjabat tangan dengan Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-Seo di sela konferensi pers menjelang pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Sanur, Bali, Senin (14/10/2019).

Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Simon McMenemy belum pernah kalah ketika tim yang dilatihnya menghadapi Vietnam.

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Satu-satunya hal baik yang bisa dijadikan motivasi oleh timnas Indonesia untuk mengandaskan Vietnam pada Selasa (15/10) di kualifikasi Piala Dunia 2020 zona Asia adalah catatan apik di pertemuan-pertemuan sebelumnya. Dari 22 pertemuan dengan Vietnam sejak tahun 1991, berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia menang delapan kali dan lima kali kalah. Sebanyak sembilan laga lain berakhir imbang.

Indonesia bahkan tidak pernah takluk dari Vietnam kala bersua di Tanah Air. Terakhir, pada tahun 2016, Indonesia mengalahkan Vietnam 2-1 di leg pertama semifinal Piala AFF yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, dan menahan imbang 2-2 Vietnam saat bertandang di leg kedua. Indonesia pun melaju ke final dan ditaklukkan Thailand.

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy juga mempunyai torehan apik belum pernah kalah ketika tim yang dilatihnya menghadapi Vietnam. Terakhir, pada Piala AFF 2010, Simon membawa timnas Filipina menang 2-0 atas Vietnam di fase grup.

Simon juga pernah berkarier sebagai pelatih di Vietnam saat menukangi Long An FC pada tahun 2011. Walau begitu, juru taktik yang membawa klub Bhayangkara FC juara Liga 1 Indonesia 2017 itu mengingatkan bahwa Vietnam sekarang sudah berbeda.

“Saya mengerti dan mengetahui dengan baik budaya sepak bola Vietnam. Akan tetapi, mereka menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Mereka lebih berpengalaman dengan pemain-pemain muda yang cepat, tangguh, dan berani,” ujar Simon, Senin (14/10).

Satu keadaan terakhir yang bisa memompa semangat pemain Indonesia yakni fakta bahwa pertandingan melawan Vietnam merupakan laga resmi FIFA pertama timnas Indonesia di Bali. Sebelumnya, laga-laga timnas Indonesia banyak berkutat di sekitar Pulau Jawa.

“Laga di Bali menjadi suasana baru bagi kami. Semoga hal itu positif untuk tim. Kami harus lebih fokus. Tidak ada cerita lain, kami mesti menang," kata penyerang timnas Indonesia Alberto Goncalves.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA