Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Danny Kosasih Kembali Maju ke Pemilihan Ketua Umum Perbasi

Sabtu 05 Oct 2019 20:55 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kanan).

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih (kanan).

Foto: Republika/Prayogi
Pemilihan ketua umum PP Perbasi akan digelar saat Musyawarah Nasional Perbasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danny Kosasih kembali mencalonkan diri menjadi ketua umum Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) periode 2019-2023. Pemilihan ketua umum PP Perbasi akan digelar saat Musyawarah Nasional Perbasi pada 23-25 Oktober di Jakarta.

"Saya kembali mencalonkan menjadi ketua umum Perbasi. Mengingat kita saat ini dalam masa persiapan menuju tuan rumah Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) pada 2023. Inilah yang menjadi perhatian utama saya mengapa kembali mencalonkan menjadi ketua umum." ujar Danny saat ditemui usai membuka acara Indonesia Muda Open Basketball Tournament 2019, Sabtu (5/10) di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro (GMSB) Kuningan. Jakarta.

Danny menambahkan, selain agar persiapan Piala Dunia Basket 2023 bisa berlangsung sukses. Dia juga ingin membentuk timnas Indonesia yang tangguh serta tidak melupakan pembinaan basket di Indonesia.

"Selain sukses sebagai tuan rumah piala dunia basket, kita juga tengah mempersiapkan timnas Indonesia yang tangguh. Saya juga tetap komitmen dengan pembinaan, makanya saya datang ke Indonesia Muda Open Basketball Tournament 2019. Karena melalui ajang seperti inilah lahir generasi penerus pebasket Indonesia," jelasnya.

Untuk membentuk timnas yang tangguh Indonesia akan menaturalisasi pemain asal Amerika Serikat Denzel Bowles. Hingga kini prosesnya berjalan agak lambat. Danny berharap, saat SEA Games 2019 prosesnya sudah selesai dan Denzel sudah dapat memperkuat timnas.

Ketua Indonesia Muda Basketball Supri Sugianto mengungkapkan Indonesia Muda Open Basketball Tournament 2019 akan menambah pengalaman bertanding dan nantinya dapat membantu peningkatan prestasi basket Indonesia. 

"Saat ini banyak orang tua mengeluhkan anak sering main gadget. Untuk mengurangi hal tersebut, kami arahkan ke turnamen basket ini. Ke depannya ingin lebih besar lagi jangkau nasional," kata dia.

Sebanyak 13 klub basket ikut ambil bagian dalam turnamen. Tim tersebut adalah Air One, Bintang Muda, Genta Purwokerto, Hang Tuah, Hawk, Indonesia Muda, Jetz, Pokeba, Satria Indonesia, Victoria, Warriors, Young Generation, dan Scorpio.

Turnamen basket ini digelar 5-20 Oktober 2019, di mana pertandingan hanya dimainkan pada akhir pekan, Jumat-Ahad. Pertandingan pekan selanjutnya akan digelar di GOR Bulungan Jakarta Selatan. Turnamen ini mempertandingkan tim kelompok umur 10 tahun hingga 16 tahun putra dan putri. 

Dalam kesempatan ini panitia penyelenggara juga memberikan penghargaan kepada tokoh basket Indonesia Muda yang sudah 40 tahun mendedikasikan hidupnya di dunia basket. Kali ini yang mendapat penghargaan adalah dua pelatih senior Indonesia, Rastafari Horongbala dan Wan Amran. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA