Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Gol Injury Time Antar Spanyol ke Putaran Final Euro 2020

Rabu 16 Okt 2019 04:04 WIB

Red: Israr Itah

Pemain Spanyol Rodrigo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Swedia.

Pemain Spanyol Rodrigo merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Swedia.

Foto: EPA-EFE/Anders Wiklund/TT
Spanyol menahan imbang Swedia 1-1 di Friends Arena, Solna, Swedia.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Spanyol memastikan lolos ke putaran final Euro 2020 dengan dramatis sebagai wakil Grup F. Gol pemain pengganti Rodrigo Moreno pada injury time memastikan tiket ke putaran final saat Spanyol menahan imbang Swedia 1-1 di Friends Arena, Solna, Swedia, Rabu (16/10) dini hari WIB.

Baca Juga

Spanyol kini mengoleksi nilai 20 dari delapan laga, unggul lima angka dari Swedia di posisi kedua dan enam poin Rumania di peringkat tiga. Posisi Spanyol aman, minimal sebagai runner-up, andai kalah pada dua laga tersisa. Sebab, Rumania dan Swedia masih saling berhadapan. Alhasil salah satu dari tim ini secara matematis tak mungkin bisa mengejar angka Spanyol.

Spanyol mendominasi 20 menit pembukaan awal dan tampak siap untuk memastikan tiket ke putaran final tahun depan dengan mudah. Namun kiper Swedia Robin Olsen melepaskan serangkaian penyelamatan luar biasa saat timnya perlahan berkembang dalam permainan.

Striker Marcus Berg mengejutkan Spanyol dengan membuka keunggulan Swedia pada awal babak kedua. Sundulan awalnya diselamatkan David de Gea, begitu juga tembakan Emil Forsberg. Namun Berg kemudian menyambar bola dari jarak dekat pada upaya kedua untuk membawa Swedia memimpin.

Petaka bagi Spanyol, De Gea harus meninggalkan lapangan lima menit berselang dan digantikan Kepa Arizabalaga. Meski menguasai kepemilikan bola, La Roja kesulitan untuk mencetak gol. Spanyol harus menunggu sampai injury time sebelum Rodrigo akhirnya menemukan jalan untuk menjebol gawang Robin Olsen, sekaligus memastikan langkah La Roja ke putaran final.

Susunan pemain:

Swedia: Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Lindelof, Andrea Granqvist, Pierre Bengtsson; Sebastian Larsson, Kristoffer Olsson, Albin Ekdal (Gustav Svensson 83'), Emil Forsberg; Robin Quaison (Alexander Isak 77'), Marcus Berg (Sebastian Andersson 90+3').

Pelatih: Janne Andersson

Spanyol : David de Gea (Kepa 60'); Dani Carvajal (Jesus Navas 81'), Raul Albiol, Inigo Martinez, Juan Bernat; Fabian Ruiz, Rodri Hernandez, Thiago Alcantara (Rodrigo 66'); Dani Ceballos; Gerard Moreno, Mikel Oyarzabal

Pelatih: Robert Moreno

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA