Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Barcelona Berpeluang Geser Madrid dari Puncak Klasemen

Sabtu 19 Oct 2019 02:43 WIB

Red: Bayu Hermawan

logo barcelona

logo barcelona

Foto: www.freelargeimages.com
Barcelona dan Madrid akan menjalani laga krusial akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona dan Real Madrid akan menjalani laga krusial mempertahankan puncak pimpinan klasemen sementara Liga Spanyol. Barcelona berpeluang merebut puncak klasemen dari Real Madrid pada pekan kesembilan Liga Spanyol.

Blaugrana saat ini menempati posisi kedua dengan raihan 16 poin atau hanya terpaut dua poin dari Real Madrid di puncak. Lionel Messi dan kawan-kawan diuntungkan dengan memainkan laga lebih awal, yakni pada Sabtu (19/10) petang bertandang ke markas Eibar.

Jika menang, Barcelona jelas akan merebut posisi puncak dari Real Madrid. Persoalannya hanya tentang durasi. Sebab, Real Madrid baru akan merumput pada Ahad (20/10) dini hari WIB melakoni laga tandang melawan Mallorca.

Real Madrid bakal punya tekanan, karena wajib menang dari Mallorca. Jika Real Madrid menang sudah tentu tim besutan Zinedine Zidane itu kembali ke puncak. Namun jika Real Madrid main imbang, Barcelona tetap di puncak setidaknya untuk sepekan mendatang.

Jeda internasional dua pekan cukup memberikan keuntungan bagi Ernesto Valverde, sebab sejumlah pemain Barcelona yang cedera memiliki kesempatan melakukan pemulihan.

Samuel Umtiti sudah mulai berlatih bersama tim, demikian juga Carles Perez dan Junior Firpo, yang jadi nilai tambah sebab Gerard Pique, Ronald Araujo dan Ousmane Dembele harus absen karena hukuman kartu.

Sebaliknya, Real Madrid justru masih diterpa badai cedera, antara lain sektor bek kiri yang ditinggalkan Marcelo dan Ferland Mendy, lini tengah tanpa Luka Modric, Toni Kroos dan Lucas Vazquez, sedangkan Gareth Bale juga mengalami sedikit masalah selepas membela tim nasional Wales.

Harapan besar mungkin disematkan kepada Eden Hazard yang baru pulang dari keberhasilan menjadikan Belgia sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Madridista dan Zidane tentu berharap moral positif menular kepada penampilan Hazard yang dianggap belum sekelas Galactico di Real Madrid sejauh ini.

Seharusnya hasil laga pekan kesembilan menjadi prolog menarik jelang El Clasico edisi perdana yang sedianya digelar pada pekan ke-10, namun La Liga baru saja mengkonfirmasi pertandingan itu ditunda karena masalah keamanan hingga jadwal menyusul.

Jika Barcelona gagal meraih tiga poin penuh dari Eibar, mereka terancam digusur oleh Atletico Madrid yang bermain pada Sabtu (19/10) malam menjamu Valencia di Wanda Metropolitano.

Hanya saja, Los Rojiblancos saat ini masih menghadapi problematika ketumpulan lini depan, mengingat mereka hanya mencetak dua gol dalam lima pertandingan terakhir yang tiga di antaranya berakhir dengan skor kacamata. Minim gol memang identik dengan Atletico sejak di bawah asuhan Diego Simeone.

77 gol adalah jumlah terbanyak yang pernah mereka bukukan dalam semusim yakni pada 2013/14 kala keluar sebagai juara, namun minim gol musim ini jelas sebuah masalah yang harus segera dicari jalan keluarnya.

Simeone harus segera menemukan solusi atas kepergian Antoine Griezmann yang menyeberang ke Barcelona, mengingat legiun Prancis itu dalam lima musim membela Atletico selalu menyumbangkan paling sedikit 20 persen dari total gol mereka di Liga Spanyol. Diego Costa, Alvaro Morata dan tentunya remaja seratus juta euro Joao Felix sebaiknya segera unjuk kemampuan untuk mengentaskan Atletico dari krisis gol yang dialami.

Di kubu lawannya, Valencia masih terjebak dalam hasil yang naik turun di bawah asuhan manajer Albert Celades dan kini dihadapkan persoalan cedera yang membuat Carlos Soler, Cristiano Piccini, Jose Gaya, Geoffrey Kondogbia dan Kevin Gameiro diragukan bisa tampil melawan Atletico.

Granada, Sociedad dan Sevilla memiliki tantangan yang sama menjalani pekan kesembilan, yakni kembali ke jalur kemenangan setelah kompak menderita kekalahan di pertandingan terakhir masing-masing. Granada akan menjamu Osasuna dalam laga pembuka rangkaian jadwal Liga Spanyol pekan kesembilan pada Sabtu (19/10) dini hari WIB. Granada tentu tak ingin status mereka sebagai tim promosi sarat kejutan hanya bertahan pada awal musim saja.

Sociedad kedatangan Real Betis pada Minggu (20/10) malam dan Sevilla menjamu Levante pada Senin (21/10) dini hari WIB. Sementara itu, Leganes yang menjadi satu-satunya tim nirkemenangan di Liga Spanyol musim ini jelas ingin mengubah nasibnya saat melawat ke markas Getafe pada Sabtu (19/10) malam.

Berikut jadwal Liga Spanyol pekan kesembilan (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (19/10):

02.00 WIB Granada vs Osasuna
18.00 WIB Eibar vs Barcelona
21.00 WIB Atletico Madrid vs Valencia
23.30 WIB Getafe vs Leganes

Ahad (20/10):

02.00 WIB Mallorca vs Real Madrid
17.00 WIB Alaves vs Celta Vigo
19.00 WIB Sociedad vs Real Betis
21.00 WIB Espanyol vs Villarreal
23.30 WIB Athletic Bilbao vs Valladolid

Senin (21/10):

02.00 WIB Sevilla vs Levante

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA