Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Muenchen Sangat Puas dengan Penampilan Coutinho

Selasa 22 Okt 2019 02:02 WIB

Red: Bayu Hermawan

Philippe Coutinho

Philippe Coutinho

Foto: EPA-EFE/Philipp Guelland
CEO Bayern Muenchen memuji Coutinho sebagai pemain berkualitas tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenigge mengaku "sangat puas" dengan penampilan Philippe Coutinho sejak didatangkan dari Barcelona pada musim panas. Gelandang berusia 27 tahun itu dipinjamkan satu musim ke Allianz Arena pada 16 Agustus, setelah menghabiskan hanya semusim penuh di Camp Nou.

Coutinho bergabung dengan Blaugrana dari Liverpool setelah menjalani lima musim di Anfield dengan nilai 140 juta poundsterling (sekitar Rp2,55 triliun) pada Januari 2018, tetapi gagal memenuhi ekspektasi tinggi di Spanyol.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menganggap ia sebagai pemain surplus menjelang kampanye 2019-20 dan Bayern memanfaatkan kondisi tersebut. Pemain timnas Brasil itu berhasil kembali ke performa terbaiknya setelah mencetak dua gol dan tiga assist dalam tujuh pertandingan Bundesliga.

Rummenigge sangat senang dengan kontribusi sang pemain awal musim baru dan memuji kualitasnya. "Philippe adalah pemain berkualitas tinggi," ujarnya kepada Kicker yang dilansir Goal pada Senin (21/10).

"Philippe rendah hati. Ia adalah orang yang sangat menyenangkan dan sangat populer di klub. Kami sangat puas dengan transfernya," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, laporan keuangan terbaru Barcelona menyatakan Blaugranas masih berutang uang pembelian Philippe Coutinho dari Liverpool dua tahun silam. Dilansir Liverpool Echo, Senin (7/10), utang Barcelona tersebut hampir 100 juta euro, tepatnya 94,6 juta euro (Rp 1,47 triliun).

Namun, utang tersebut bukan kepada Liverpool langsung, melainkan pihak ketiga yang membayarkan uang tersebut kepada Liverpool sebagai bagian dari kesepakatan transfer pada Januari 2018. Menurut laporan keuangan Barcelona per 30 Juni 2019, pihak klub masih punya utang senilai 94,6 juta euro untuk pembelian Coutinho. Sebanyak 27,9 juta euro di antaranya jatuh tempo pada akhir musim 2019/20, sedangkan sisa 66,7 juta euro belum diketahui waktu jatuh temponya.

Liverpool meminta Barcelona membayar sebagian besar angka transfer atau telah menerima 155 juta euro. Liverpool hanya menyisakan piutang 5 juta euro sebagai bagian dari kesepakatan transfer Coutinho senilai 160 juta euro.

Uang yang diterima antara lain dibelanjakan Liverpool untuk membayar transfer bek Virgil van Dijk kepada Southampton serta membeli Alisson Becker dari AS Roma enam bulan kemudian.

Ironisnya, kendati masih punya utang untuk transfer Coutinho, Barcelona saat ini tak diperkuat legiun Brasil itu yang sejak musim panas hijrah dengan status pinjaman ke raksasa Jerman Bayern Muenchen.

Sepeninggal Coutinho, Liverpool dua musim beruntun mencapai final Liga Champions dan pada musim 2018/19 meraih gelar juara keenam trofi Si Kuping Besar. Sedangkan Coutinho mengalami adaptasi yang kurang nyaman di Barcelona dan akhirnya pergi ke Muenchen sebagai pemain pinjaman.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA