Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Vs Ajax, Lampard: Pelajaran Berharga Bagi Chelsea

Rabu 23 Okt 2019 04:04 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Frank Lampard

Frank Lampard

Foto: EPA-EFE/Kiyoshi Ota
Frank Lampard mengaku harus putar otak untuk mempersiapkan skuatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Chelsea akan menjalani ujian berat dalam pertandingan ketiga Grup H Liga Champions. The Blues akan berhadapan dengan Ajax di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Rabu (23/10). Kedua tim saat ini memang sedang on fire dengan memenangkan lima pertandingan terakhir.

Sehingga, pertarungan sengit akan membuat atmosfer di ibu kota Belanda itu akan kian memanas. Ajax dan Chelsea juga belum pernah bertemu di semua kompetisi yang membuat kedua tim buta kekuatan masing-masing lawan.

Pelatih Chelsea Frank Lampard menyatakan, semifinalis Liga Champions musim lalu tersebut akan menjadi pelajaran berharga bagi skuatnya. Ia mengatakan, saat melawan Newcastle United akhir pekan lalu merupakan pelajaran berharga untuk memecahkan kebuntuan melawan tim yang tampil bertahan.

Sementara dalam pertandingan kedua Grup H melawan Lille, menjadi pelajaran bagi tim asuhan Lampard di Liga Champions, yang beberapa pemainnya baru pertama kali tampil di Liga Champions. ''Dan sekarang satu (pelajaran) lagi lawan Ajax, tim level atas yang melaju sampai semifinal dan yang bermain dengan cara yang pasti,'' kata Lampard dikutip dari laman resmi klub, Selasa (22/10).

Menurut Lampard, Ajax merupakan tim yang harus dihadapi dengan konsentrasi penuh, khususnya dari cara tim lawan bergerak dan bermain. Chelsea juga harus melalui Grup H dengan ujian yang tidak mudah. Sebab klub milik Roman Abramovic tersebut berada di posisi ketiga Grup H dengan poin yang sama dengan Valencia. 

Sementara, Ajax masih menempati posisi puncak usai meraih dua kemenangan melawan Valencia dan Lille. Untuk bisa lolos, Chelsea harus meraih tiga poin dengan dua pertandingan beruntun di Grup H melawan Ajax. Sebab jika kalah, maka Ajax akan melaju mulus di depan.

Jika kalah, peluang Chelsea untuk bisa lolos ke babak 16 besar kian tipis. Lampard menyadari, Ajax yang unggul enam poin dari Chelsea akan memberikan masalah bagi timnya, apalagi dengan atmosfer di dalam stadion yang cukup kuat. ''Pergerakan tim dan cara mereka bermain bola akan menjadi ujian besar bagi kami,'' ujar Lampard.

Striker Chelsea Tammy Abraham menegaskan, timnya tak perlu melihat jauh ke belakang untuk mencari bukti apiknya permainan Chelsea di kandang lawan di ajang Liga Champions. Menjelang lawatan ke Amsterdam pekan ini, sang striker yakin Chelsea bisa mengulangi kesuksesan di Lille belum lama ini. Belum sampai tiga pekan yang lalu, Abraham mencetak gol perdananya di Eropa yang sekaligus mengamankan kemenangan vital dalam perjalanan meloloskan diri dari Grup H.

Namun demikian, Frank Lampard harus putar otak untuk mempersiapkan skuatnya menghadapi Ajax di Liga Champions. Bagaimana tidak, lima pemain inti the Blues diragukan bisa ikut bertolak ke Amsterdam lantaran cedera yang dialami. Kelima pemain itu adalah Ross Barkley, N'Golo Kante, Toni Rudiger, Andreas Christensen, dan Emerson Palmieri.

Barkley ditarik keluar lapangan saat Chelsea melawan Newcastle akhir pekan lalu. Sementara Kante, Rudiger, Christensen, dan Emerson sudah absen saat jumpa the Magpies. Padahal, Lampard harus mempersiapkan skuat terbaiknya untuk melawan semifinalis Liga Champions musim lalu itu. Ajax juga masih meraih hasil sempurna dalam dua laga Grup H usai menumbangkan Lille dan Valencia.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA