Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Jelang Vs Arema, Tira Persikabo Kuatkan Kepercayaan Diri

Rabu 23 Oct 2019 16:21 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

Pelatih Tira Persikabo, Rahmad Darmawan.

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Rahmad Darmawan mewaspadai mentalitas para pemain Arema FC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih PS Tira Persikabo, Rahmad Darmawan (RD) berharap, pemainnya tetap percaya pada kemampuan masing-masing meski pada beberapa laga terakhir mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Tim berjuluk Laskar Padjajaran gagal meraih kemenangan dari delapan laga berturut-turut, empat di antaranya merupakan laga kandang.

Baca Juga

Terbaru, Tira Persikabo harus mengakui kehebatan Bhayangkara FC usai dikalahkan 0-2 di Stadion Pekansari, Bogor, pada Sabtu (19/10) lalu. Tira Persikabo akan menjamu Arema FC pada laga lanjutan pekan ke-24 Liga 1 2019 di Stadion Pekansari, Bogor pada Kamis (24/10).

RD telah mengevaluasi dan berdiskusi dengan pemain pasca-kekalahan melawan Bhayangkara FC. Dalam diskusi itu, kata dia, tim pelatih juga telah menyampaikan taktik yang akan digunakan saat melawan Arema FC. Selain itu, yang tak kalah penting, RD juga menggunakan pendekatan psikologis kepada pemain agar selalu menjaga kepercayaan diri.

"Saya selalu berharap semua percaya pada kemampuan mereka, percaya pada kemampuan kawan-kawan mereka, dan percaya pada apa yang sudah mereka dapatkan selama ini," kata RD dalam konferensi pers jelang laga, Rabu (23/10). "Jadi hal itu yang saya tekankan kepada setiap pemain dalam beberapa hari terakhir. Semoga mereka bisa menjawab kepercayaan saya dan pemain menjawab dengan kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi pertandingan besok."

Laga melawan Arema layak disebut sebagai partai penting bagi Tira Persikabo sebagai momen kebangkitan. Tira Persikabo yang sempat memimpin di putaran pertama Liga 1 musim ini, sudah sepatutnya berada di peringkat empat besar. Namun, kegagalan meraih kemenangan sejak di putatan kedua membuat Tira kian tersusul. Saat ini, Tira memang masih berada di peringkat keempat klasemen sementara, namun jika kembali gagal meraih kemenangan tak menutup kemungkinan posisi Tira digeser oleh para pesaingnya.

RD mengakui pemain Arema memiliki mentalitas yang kuat. Terbukti setelah kekalahan telak 2-6 dari PSM Makassar, Arema mampu menahan imbang Persipura Jayapura 2-2 setelah sempat tertinggal 0-2. Ia menilai hal itu menjadi poin plus yang dimiliki pemain Arema.

Artinya, kata RD, Laskar Padjajaran harus mampu menjaga fokus selama 90 menit saat menjamu Arema nanti. RD kembali menekankan agar pemain selalu percaya pada kemampuan tim.

Senada dengan itu, bek Tira Persikabo, Vava Mario Yagalo juga mengaku telah melakukan evaluasi usai kekalahan melawan Bhayangkara FC. Dia memastikan akan berjuang lebih keras saat melawan Arema nanti. "Kami evaluasi kesalahan-kesalahan kemarin. Besok kami berjuang keras, bermain disiplin, dan mengikuti semua instruksi pelatih agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik," kata Vava.

Di papan klasemen sementara Liga 1 2019, Tira Persikabo berada di peringkat keempat dengan torehan 36 poin hasil dari 23 laga yang telah dilakoni. Hasil itu didapat Tira Persikabo dari sembilan kemenangan, sembilan kali imbang, dan kalah lima kali. Jika berhasil mengamankan poin penuh, Tira Persikabo akan mengikis selisih poin dengan Borneo FC yang mengoleksi 40 poin dan berada di peringkat ketiga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA