Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Menang Tipis dari PSM, Persija Keluar dari Zona Degradasi

Ahad 20 Oct 2019 20:49 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan

Logo Liga 1 Indonesia

Logo Liga 1 Indonesia

Foto: liga-indonesia.id
Persija Jakarta menang dengan skor 1-0 dari PSM Makassar.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Persija Jakarta meraih kemenangan dari PSM Makassar dalam pertandingan lanjutan pekan ke-23 Liga 1 Indonesia di Stadion Andi Mattalata, Makassar, Ahad (20/10). Kemenangan 1-0 cukup membawa Macan Kemayoran keluar dari zona degradasi.

Dalam pertandingan tersebut, kedua tim tidak bermain terbuka. Baik Persija maupun PSM Makassar banyak membuang peluang pada babak pertama. Kedua tim pun bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Di babak kedua, penyerang Persija Marko Simic mendapat peluang pada menit ke-54 saat bermain satu-dua dengan Riko Simanjuntak. Namun, sundulan Simic masih melenceng tipis di sisi kiri gawang. Empat menit kemudian kemelut terjadi di depan gawang PSM. Beberapa tembakan skuat Macan Kemayoran berhasil diblokir oleh pemain belakang PSM hingga sentuhan terakhir Novri Setiawan hanya menghasilkan tendangan kiper.

Giliran pemain PSM, Wiljan Pluim mendapat peluang untuk merobek gawang Persija saat melakukan penetrasi sendirian ke kotak 16 Persija. Namun, tembakan yang dilepaskan saat melewati pemain belakang Persija masih melenceng.

Di menit ke-67 pelatih PSM Makassar Darije Kalezic akhirnya memutuskan untuk mengganti Ferdinand Sinaga dengan Amido Balde. Selanjutnya, Ezra Walian juga diganti oleh Zulham Zamrun. Menyusul pergantian pemain yang dilakukan PSM. Edson Tavares juga mengganti Ramdani Lestaluhu dengan Joan Tomas di menit ke-72. Dua menit kemudian, Heri Susanto juga digantikan oleh Rahmad Hidayat.

Sementara itu, PSM kembali mendapatkan peluang emas saat Wiljan Pluim memberikan umpan akurat kepada Amido Balde yang berdiri bebas di kotak 16. Namun, beruntung bagi Persija, Balde gagal melakukan tandukan ke gawang Persija.

Selanjutnya, giliran Riko Simanjuntak yang lagi-lagi memberikan ancaman ke gawang Rivky. Riko memulai sendiri penetrasi ke lini pertahanan PSM, dia pun lantas melepaskan tembakan yang tak mampu digapai oleh Rivky, beruntung bagi PSM bola hanya membentur mistar gawang. Sejurus kemudian, ancaman diberikan oleh Simic ke gawang PSM. Namun, Rivky masih bisa menghentikan tembakan Simic.

PSM mendapat gilirannya untuk memberikan tekanan ke gawang Persija. Berawal manuver dari Zulham di sisi kanan serangan, kemudian memberikan umpan ke tengah gawang yang disambut oleh Rizky Pellu. Namun, tandukan Pellu masih belum menemukan sasaran.

Persija akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-86 melalui gol yang diciptakan Simic dengan tendangan keras kaki kanan dari luar kotak 16. PSM yang tertinggal terus memberikan tekanan untuk mencari gol penyama kedudukan.

Di menit-menit akhir, Pluim mendapat peluang emas saat terjadi kemelut di depan gawang Andritany, namun sepakan keras dengan kaki kiri dari Pluim masih melenceng ke sisi kanan gawang. Laga pun berakhir dengan skor 1-0, kemenangan bagi Persija Jakarta.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA