Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Liga Champions, Liverpool Hajar Genk 4-1

Kamis 24 Okt 2019 04:04 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pemain Liverpool Oxlade-Chamberlain dalam pertandingan melawan Genk di Liga Champions, Kamis (24/10) dini hari WIB.

Pemain Liverpool Oxlade-Chamberlain dalam pertandingan melawan Genk di Liga Champions, Kamis (24/10) dini hari WIB.

Foto: AP
Chamberlain tampil cemerlang dengan mencetak dua gol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool berhasil mengalahkan tuan rumah KRC Genk dengan skor 3-0, dalam pertandingan ketiga babak penyisihan Grup E Liga Champions di Stadion Luminus Arena, Belgia. Alex Oxlade-Chamberlain tampil cemerlang dalam pertandingan itu, dengan menyumbang dua gol kemenangan Liverpool.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp melakukan rotasi di lini tengah the Reds, dengan memberikan kesempatan kepada Oxlade-Chamberlain dan Naby Keita bermain. Kedua pemain yang baru pulih dari cedera itu pun membayar kepercayaan Klopp, dengan menampilkan performa apik sepanjang pertandingan.

Liverpool yang mengincar kemenangan kedua di fase grup, langsung tampil menekan sejak pertandingan dimulai. Hasilnya, Liverpool berhasil mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Berawal dari kemelut di luar kotak penalti Genk, Chamberlain yang menerima bola kemudian melepaskan tendangan placing mendatar, yang gagal diantisipasi Kiper Genk Coucke. Liverpool unggul 1-0.

Tersentak oleh gol cepat Liverpool, skuat Genk bangkit dan mulai melakukan serangan. Jual beli serangan terjadi diantara kedua tim, namun belum ada yang berhasil dikonversi menjadi gol. Solidnya lini belakang Genk dalam menjaga trio Firmansah (Firmino, Mane dan Salah), membuat serangan Liverpool selalu kandas. Sementara Genk, tak jarang melakukan serangan balik yang membahayakan gawang Allison.

Pada menit ke-26, Genk punya kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Berawal dari serangan balik, penyerang Genk Samatta berhasil memenangi duel di udara dengan James Milner, dan menanduk bola masuk ke dalam gawang Liverpool. Namun, wasit menganulir gol tersebut, karena gelandang Genk Ito telah terlebih dulu terperangkap offside sebelum melepaskan umpan silang ke Samatta.

Meski sama-sama bermain terbuka dengan tempo cepat, tidak ada gol lagi yang tercipta sampai wasit membunyikan peluit tanda pertandingan babak pertama berakhir. Genk 0-1 Liverpool.

Di babak kedua, giliran tuan rumah yang mengambil inisiatif serangan lebih dulu untuk mencari gol penyeimbang. Namun, lini belakang Liverpool yang digalang oleh Virgil van Dijk dan kiper Allison Becker mampu mementahkan serangan Genk.

Liverpool berhasil memperbesar keunggulan pada menit ke-57. Oxlade-Chamberlain kembali mencatatkan namanya di papan skor. Seperti gol pertama, Chamberlain kembali melepaskan tembakan placing yang tak bisa diantisipasi kiper lawan. Liverpool 2-0 Genk.

Pada menit ke-63, Klopp melakukan pergantian pemain dengan menarik Andrew Robertson dan memasukan Joe Gomez. Hal ini membuat lini belakang Liverpool berubah. Milner kembali menempati sayap kanan dan Gomez di sayap kiri. Perubahan ini membuat permainan Liverpool semakin bertenaga. Hasilnya pada menit ke-77, Liverpool semakin memperbesar keunggulan dengan mencetak gol ketiga.

Berawal dari pergerakan Salah yang mengirimkan bola ke Firmino. Pemain asal Brasil itupun mengirimkan assist ke Sadio Mane yang berlari tanpa kawalan. Mane kemudian melepaskan tembakan yang gagal dihalau kiper Genk. Liverpool 3-0 Genk.

Unggul 3 gol membuat para pemain Liverpool semakin nyaman. Hasilnya, giliran Mohamed Salah yang mencatatkan namanya di papan skor. Salah berhasil mengocek dua pemain bertahan Genk, sebelum melepaskan tendangan ke tiang jauh gawang. Liverpool 4-0 Genk.

Unggul jauh, membuat Liverpool mulai mengendurkan permainan. Hal ini dimanfaatkan Genk untuk mencari gol hiburan pada menit ke-88. Berawal dari pergerakan Ndogala, pemain itu berhasil melepaskan assist yang dimanfaatkan Odey untuk menaklukan Alisson. Hingga pertandingan berakhir tak ada lagi gol tercipta. Liverpool menang dengan skor 4-1 dari Genk. Hasil ini membuat Liverpool mengumpulkan enam poin dan tidak mengubah posisi di klasemen, alias masih terpaku di posisi kedua.


Susunan pemain

Genk:
Coucke, Maehle, Cuesta, Lucumi, Uronen, Bongonda, Heynen, Berge, Ito, Samatta, Onuachu

Cadangan: Vandevoordt, De Norre, Dewaest, Odey, Hrosovsky, Hagi, Ndongala

Liverpool:
Alisson; Milner, Lovren, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Oxlade-Chamberlain, Keita; Mane, Salah, Firmino.

Cadangan: Adrian, Wijnaldum, Gomez, Henderson, Lallana, Brewster, Origi.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA