Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Persib Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah PD U-20 2021

Sabtu 26 Oct 2019 16:00 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Persib Robert Rene Alberts

Pelatih Persib Robert Rene Alberts

Foto: Republika/Edi Yusuf
Nantinya Indonesia memiliki banyak stadion berstandar FIFA.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Indonesia berhasil menjadi tuan rumah untuk gelaran Piala Dunia U-20 2021. Sejumlah persiapan pun kini dimatangkan untuk menjamu tim-tim muda dunia.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyambut baik kabar tersebut. Menurutnya, gelaran tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki fasilitas sepak bola.

"Seperti di Malaysia mereka memperbaiki stadion untuk memenuhi standar FIFA dan itu adalah hal yang positif," kata Robert, Sabtu (26/10).

Menurut Robert, Indonesia bisa mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah adalah hal yang bagus bukan hanya untuk sepak bola junior. Tapi juga untuk seniornya, karena nantinya Indonesia memiliki banyak stadion berstandar FIFA. "Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana merawat standar dari stadion itu sesuai kebutuhan FIFA. Akan banyak stadion dengan lapangan yang bagus dan juga fasilitasnya," kata dia.

Di sisi lain, kemungkinan besar pemain Persib, Beckham Putra Nugraha, akan masuk dalam timnas U-20. Robert berharap, pemain muda yang menjadi perwakilan Indonesia bisa menjaga kualitasnya di tingkat senior.

Robert mengenang saat ia mendampingi timnas Korea Selatan junior di ajang yang sama. Para pemainnya saat itu bisa menjaga kualitas hingga sepak bola Korea Selatan bisa maju seperti sekarang.  "Mereka punya antusias yang besar untuk bermain di level dunia pada usia muda. Itu adalah hal yang bagus, jika Indonesia bisa seperti itu, saya rasa itu akan sangat fantastis," jelas dia.

Di sisi lain, pemain Persib, Achmad Jufriyanto memberikan dukungan dan motivasi bagi juniornya. Jupe, sapaannya, berharap kebanggaan sebagai tuan rumah bisa diikuti dengan prestasi bagi tuan rumah. "Karena itu prestasi yang sangat bagus bagi PSSI, bagus untuk sepak bola Indonesia, Insya Allah timnasnya bisa, setidaknya ada motivasi lebih karena bermain di kandang," kata Jupe.

Serupa dengan Jupe, pemain Persib lainnya, Dedi Kusnandar mengapresiasi kinerja PSSI untuk mendapatkan titel tuan rumah ini. Menurutnya, kebanggaan tersebut bukan hanya milik sektor sepak bola, tapi seluruh warga Indonesia. "Apalagi ini kan Piala Dunia, yang jaranglah kuta masuk Piala Dunia, mungkin dengan cara tuan rumah ini kita bisa. Sebagai pemain bangga, dan mudah-mudahan jadi momen kebangkitan sepak bola Indonesia dan berprestasi di ajang dunia," kata Dedi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA