Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

PLN Disjaya Kirimkan Tim ke Cile Pelajari Listrik Formula E

Ahad 27 Okt 2019 22:43 WIB

Red: Israr Itah

Mobil Formula E Nissan

Mobil Formula E Nissan

Foto: nissan.in
Tim PLN akan mempelajari seluk beluk soal tenaga listrik yang dibutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya atau Disjaya akan memberangkatkan tim ke Cile. Ini sebagai persiapan menggelar lomba balap mobil Formula E di Jakarta tahun depan. Tim PLN akan mempelajari seluk beluk soal tenaga listrik yang dibutuhkan untuk balapan mobil listrik tersebut.

Baca Juga

"Untuk Formula E, kami sedang cari event sebelum Formula E diselenggarakan di kita dengan teman-teman Jakpro. Infonya di Cile bulan Februari, mungkin kami akan ke sana," kata General Manager PLN Disjaya Ikhsan Asaad di Jakarta, Ahad (27/10).

Ikhsan mengatakan, pihaknya juga sudah berdiskusi dengan co-founder and Chief Championship Officer of Formula E Alberto Longo yang disebutnya akan mengirimkan tim teknis bertemu PLN Disjaya secara resmi untuk memberikan penjelasan.

"Tapi kalau saya baca-baca, Mobil listriknya Formula E, baterainya rata-rata 250 KWH untuk satu mobil. Kami paling menguatkan untuk suplai," kata Ikhsan.

Terkait dengan pasokan, Ikhsan menjelaskan bahwa di sekitaran Monas ada gardu listrik untuk menyuplai kebutuhan pergelaran balapan Formula E tersebut. Selain itu menurutnya pihak PLN tidak perlu mempersiapkan peralatan pengisian daya bagi mobil balap itu.

"Di Monas ini kan ada gardu, tinggal tarik kabelnya saja, peralatan chargingnya juga dia bawa sendiri. Kita tinggal siapkan gardunya tinggal tarik kabel aja," ucapnya.

Untuk kapasitas daya listrik, Ikhsan mengatakan sangat melimpah dengan 12.000 MegaWatt dengan beban Puncak 5.500 megawatt pada siang hari, sehingga dia yakin suplai listrik untuk pergelaran tersebut akan aman.

"Saya kira nggak terlalu susah, Asian Games kemarin saja aman semua pakai listrik PLN. Sekarang semua kegiatan-kegiatan juga tidak pakai genset lagi, pakainya powerbank yang ada 60 unit dan UPS PLN. Kami siapkan itu selain gardu listrik," tutur Ikhsan.

Untuk lebih menggaungkan Formula E pada 2020, PLN Disjaya dan Pemprov DKI Jakarta menggelar Karnaval Jakarta Langit Biru pada Ahad ini termasuk mengkampanyekan pentingnya kendaraan bebas emisi.

"Karnaval Jakarta Langit Biru ini, kami ingin mengampanyekan kepada masyarakat tentang pentingnya kendaraan bebas emisi. Dan Formule E itu bagian dari kampanye untuk lebih banyak lagi penggunaan kendaraan berbasis listrik yang juga memiliki tenaga yang tidak kalah dengan yang berbasis minyak atau bahan bakar fosil," tutur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di lokasi lainnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA