Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Persib Taklukkan Persija di Bali

Senin 28 Oct 2019 17:26 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Penyerang Persija Marco Simic berebut bola dengan pemain Persib Nick Kuipers.

Penyerang Persija Marco Simic berebut bola dengan pemain Persib Nick Kuipers.

Foto: Dok Media Persija
Persib menaklukkan Persija 2-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung mengamankan poin penuh dari Persija Jakarta dalam laga pekan ke-25 kompetisi Liga 1 2019. Gol Frets Butuan dan Ezechiel N'Duoassel mengantarkan Persib menaklukkan Persija 2-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (28/10).

Baca Juga

Atas hasil tersebut, Persib naik ke peringkat 10 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 31 poin. Sementara Persija tetap berada di posisi 14 dengan raihan 24 poin.

Jalannya laga

Persib Bandung tetap menggunakan pemain yang bermain pada laga sebelumnya. Hanya Esteban Vizcarra yang terkena akumulasi kartu digantikan oleh Ezechiel N'Douassel.

Sementara itu, Persija masih menggunakan starting eleven yang sama dari laga sebelumnya kontra PS Sleman. Pelatih Persija Edson Tavarez tetap menurunkan Simic sebagai juru gedor Macan Kemayoran.

Persija membuka peluang pertama pada menit ketiga. Persib kemudian membalas lewat serangan balik meskipun belum menembus pertahanan Persija.

Sundulan berbahaya Ezechiel pada menit enam tak membahayakan pertahanan Persija karena ia sudah dalam posisi offside. Persib terus menekan lini pertahanan Persija dan kedua tim terus menampilkan jual beli serangan.

Menit ke-20, usaha Kevin van Kippersluis dari tendangan bebas masih bisa diantisipasi kiper Andritany Ardhiyasa. Persib yang menguasai bola terus mencoba menekan lini pertahanan Persija.

Persib kembali mendapat tendangan bebas usai Ezechiel terkena pelanggaran di luar kotak penalti. Lagi-lagi peluang dari tendangan bebas tersebut gagal dimanfaatkan oleh Maung Bandung.

Lima menit menjelang akhir pertandingan, Persib masih terus menekan lini pertahanan Persija. Macan Kemayora berusaha mengandalkan serangan balik, tapi kerap tertahan di tengah lapangan. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Babak kedua dibuka dengan serangan bertubi-tubi Persija Jakarta di kotak penalti Persib. Namun, gol pertama justru dari tendangan Frets Butuan yang gagal diantisipasi Andritany, skor berubah menjadi 1-0 atas keunggulan Persib.

Tertinggal satu gol membuat Persija bermain dengan tempo cepat. Tendangan bebas Marko Simic pada menit ke-53 masih bisa dihalau oleh Made Wirawan.

Menit ke-59, Persib menambah pundi gol dari Ezechiel yang bisa mengeksekusi umpan dari Ardi Idrus. Skor berubah menjadi 2-0 atas keunggulan Persib.

Pertandingan sempat dihentikan karena tindakan provokatif dari suporter yang hadir di lapangan. Sepuluh menit terakhir laga diisi kembali dengan laga saling serang kedua tim.

Menit ke-82, pelanggaran Xandao pada Ezechiel di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Ezechiel yang menjadi eksekutor penalti gagal menjebol gawang Andritany.

Persija memanfaatkan momentum gagalnya penalti dengan serangan balik. Namun, Made Wirawan masih bisa mengantisipasi tendangan Rezaldi.

Wasit memberikan tambahan waktu selama tiga menit. Meski terus menekan lini pertahanan Persib, tidak ada satupun gol yang bisa diciptakan Persija. Laga berakhir dengan skor 2-0 atas kemenangan Persib.

Susunan Pemain

Persib Bandung: I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus (Zalnando 68'), Supardi Nasir, Omid Nazari, Abdul Aziz, Febri Haryadi (Erwin Ramdani 90'), Frets Butuan (Ghozali Siregar 65'), Kevin van Kippersluis, dan Ezechiel Ndouassel

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa,  Fachrudin Aryanto, Rezaldi Hehanusa, Alexandre Luiz, Ramdani Lestaluhu (Joan Tomas 69'), Sandi Sute, Rohit Chand, Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Heri Susanto (Tony Sucipto 69'), dan Marko Simic.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA