Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Andonovski Ditunjuk Jadi Pelatih Timnas Putri AS

Selasa 29 Oct 2019 06:52 WIB

Red: Endro Yuwanto

Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015

Jill Ellis pelatih sepakbola wanita terbaik 2015

Vlatko Andonovski mengambil posisi pelatih sebelumnya, Jill Ellis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas putri Amerika Serikat (AS) resmi menunjuk Vlatko Andonovski sebagai pelatih baru pada Senin (28/10) waktu setempat. Ia mengambil posisi pelatih sebelumnya Jill Ellis.

Jill Ellis mengumumkan mundur setelah membawa AS menjuarai Piala Dunia Putri dua kali berturut-turut pada Juli lalu. Kini Andonovski memiliki tugas berat untuk membuat AS memenangkan Piala Dunia Putri untuk keempat kalinnya.

"Vlatko dikenal karena pemahamannya yang mendalam tentang sepak bola, persiapannya tidak tertandingi dan fleksibilitas taktisnya," kata Presiden Sepak Bola Amerika Serikat (AS) Carlos Cordeiro kepada wartawan di sebuah konferensi media yang dilansir Reuters, Senin. "Terus terang, saya tidak bisa membayangkan pelatih lain yang lebih cocok daripada Vlatko untuk tim ini saat ini."

Pelatih berusia 43 tahun kelahiran Macedonia itu mengatakan kepada wartawan bahwa kualifikasi untuk turnamen Olimpiade Tokyo 2020 adalah agenda pertama dan ia akan mencoba memadukan pemain veteran dengan para talenta baru.

"Kami memiliki tim yang sangat berpengalaman, pemain yang telah berada di panggung internasional, yang telah memenangkan pertandingan besar, turnamen besar, jadi kami akan sangat bergantung kepada mereka, tetapi itu tidak berarti kami tidak akan memasukan pemain baru," kata Andonovski.

Pernah menjadi seorang pemain, Andonovski telah menjadi pelatih di (Liga Sepak Bola Putri Nasional) NWSL sejak 2013, yang termasuk menjadi juara pada pada 2014 dan 2015. Sebelumnya, ia melatih Reign FC dan melatih anggota timnas AS saat ini Megan Rapinoe serta membawa tim ke semifinal liga.

Andovski bergabung dengan tim nasional saat sepak bola putri sedang dalam masa transformasi, beberapa bulan setelah para pemain mengajukan gugatan diskriminasi gender terhadap Federasi Sepak Bola AS. Disinggung tentang masalah kesetaraan upah gender, Andonovski mengatakan ia sangat menghormati dorongan yang dilakukan para pemain.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA