Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Barcelona Tersungkur di Kandang Levante

Ahad 03 Nov 2019 00:35 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Reaksi striker Barcelona, Lionel Messi pada laga La Liga lawan Levante di Stadion Ciutat de Valencia, Sabtu (2/11). Barcelona kalah 1-3.

Reaksi striker Barcelona, Lionel Messi pada laga La Liga lawan Levante di Stadion Ciutat de Valencia, Sabtu (2/11). Barcelona kalah 1-3.

Foto: EPA/Miguel Angel Polo
Barcelona menyerah 1-3 di tangan tuan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Mampu unggul lebih dulu lewat gol Lionel Messi pada menit ke-38, Barcelona akhirnya harus pulang dengan tangan hampa dari lawatan ke markas Levante, Stadion Ciutat de Valencia, pada jornada ke-12 La Liga, Sabtu (2/11) malam WIB. Barcelona menyerah 1-3 di tangan tuan rumah.

Mengadapi Levante, Barcelona sebenarnya turun dengan kekuatan terbaik, terutama di lini serang. Luis Suarez, Lionel Messi, dan Antoine Griezmann mengisi tiga posisi terdepan di lini serang. Sementara Arthur, Frenkie De Jong, dan Arturo Vidal mengisi tempat di lapangan tengah.

Barcelona pun mengawali laga ini dengan terus menekan pertahanan Levante. Sedangkan tim tuan rumah sesekali mengancam lewat serangan balik. Blaugrana akhirnya mampu membuka skor pada menit ke-38. Pelanggaran terhadap Nelson Semedo berbuah penalti buat tim tamu.

Tanpa kesulitan, Lionel Messi menaklukan kiper Levante, Aitor Fernandez. Itu menjadi satu-satunya gol yang terjadi pada babak pertama. Memasuki babak kedua, semua berjalan sempurna buat Barcelona. Raihan tiga poin, sekaligus mempertahankan posisi di puncak klasemen sementara, sudah terbayang oleh Barcelona.

Namun, petaka buat juara bertahan La Liga itu datang pada menit ke-61. Gol gelandang Levante, Jose Campana, mengejutkan Barcelona. Campana berhasil memanfaatkan kelengahan lini belakang el Barca. Tidak berhenti sampai disitu, gawang Barcelona kembali bobol pada menit ke-63.

Hanya dalam waktu kurang dari tiga menit, gawang Barcelona sudah kebobolan dua gol. Gol kedua Granotas, julukan Levante, mampu ditorehkan oleh penyerang Borja Mayoral. Mendapatkan umpan dari Campana, penyerang berusia 22 tahun itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti tanpa bisa dihalau kiper Barcelona, Ter Stegen.

Demi menambah daya gedor Blaugrana, pelatih Ernesto Valverde, pun melakukan pergantian pemain dengan memasukan Ansu Fati, yang masuk menggantikan Arthur. Namun, langkah ini belum bisa membawa Barcelona menyamakan kedudukan. Bahkan, gawang el Barca kembali bobol, tepatnya pada menit ke-68.

Nemanja Radoja melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola yang sempat membentur pemain bertahan Barcelona akhirnya berubah arah dan tidak bisa dijangkau oleh Ter Stegen. Barcelona sebenarnya bisa mencetak gol pada menit ke-75 lewat torehan Messi usai memanfaatkan umpan Griezmann.

Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran sebelum memberikan operan kepada Messi, Griezmann sudah berdiri dalam posisi offside. Barcelona akhirnya harus kembali gagal memetik kemenangan di kandang Levante, usai menyerah 1-2 dalam lawatan terakhir ke Stadion Ciutat de Valencia di ajang Copa Del Rey musim lalu.

Kendati kekalahan ini tidak mengubah posisi Barcelona sebagai pemuncak klasemen sementara, tapi Barcelona hanya mengantongi selisih satu poin dari Real Madrid, yang baru melakoni laga jornada ke-12 menghadapi Real Betis, Ahad (3/11) dini hari WIB.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA