Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Diouf: Mbappe tak Bisa Raih Ballon dOr Jika Bersama PSG

Jumat 25 Oct 2019 00:03 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan

Kylian Mbappe

Kylian Mbappe

Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
El Hadji Diouf menilai peluang Mbappe meraih Ballon d'Or kecil jika tetap bersama PSG

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Mantan penyerang Liverpool El Hadji Diouf mengklaim bintang muda Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe tidak dapat memenangkan gelar Ballon d'Or selama ia masih bermain untuk kesebelasan Ligue 1 Prancis. Diouf menyarankan Mbappe untuk meninggalkan Parc des Princes.

Penyerang berusia 20 tahun itu berada di urutan keempat dalam pemungutan suara penghargaan Bola Emas pada 2018 setelah memenangkan Piala Dunia dengan timnas Prancis. Gelar bergengsi sebagai pemain sepak bola itu pun jatuh kepelukan Luka Modric. Kini Mbappe kembali masuk dalam 30 nama calon peraih penghargaan Ballon d'Or 2019. Eks penyerang AS Monaco, bersaing dengan Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Raheem Sterling, Virgil van Dijk, Roberto Firmino, Sadio Mane, Alisson Becker, dan Mohamed Salah.

Namun, Diouf menilai kans Mbappe mengamankan gelar tersebut bakal sulit. Dirinya lebih kerasaan apabila dua dari tujuh nominasi pemain Liverpool layak masuk dalam tiga besar Ballon d'Or musim ini.

"Saya pikir Sadio Mane memiliki tahun yang lebih baik daripada Kylian Mbappe. Dia pantas mendapatkan Ballon d'Or lebih dari sudut pandang pribadi dan kolektif," kata Diouf kepada Le Parisien disadur Sportkeeda, Kamis (24/10).

Diouf menambahkan dirinya tidak dapat membandingkan secara langsung kompetisi Ligue 1 dan Liga Primer Inggris. Namun, bagi pria 38 tahun Messi, Van Dijk serta Mane layak mendapatkan titel tersebut karena liga atau kompetisi mereka berkembang sangat pesat.

"Anda tahu bahwa untuk memenangkan Ballon d'Or, Anda harus meninggalkan Prancis. Sebab, Anda bisa kalah di partai final dan mendapatkan Ballon d'Or, tetapi tidak bisa jika hanya tersingkir di babak 16," jelas Diouf.

Adapun, satu-satunya pemain yang berhasil mendapatkan Bola Emas dengan berada di kompetisi Ligue 1 adalah Jean-Pierre Papin. Saat itu ia bermain di tim Marseille yang mencapai final Liga Champions (Piala Eropa 1990/1991).

Sedangkan, penyerang George Weah menghabiskan tiga tahun untuk bermain dengan PSG sebelum beralih ke raksasa Serie A Italia AC Milan dan memenangkan gelar individu pesepak bola top Eropa pada 1995.

Untuk itu, Diouf mengklaim Mbappe bisa saja merengkuh Ballon d'Or beberapa kali jika ia melakukan langkah serupa seperti Jean-Pierre Papin, George Weah ke klub terkemuka di liga elit Benua Biru. "Dia bisa memenangkan Ballon d'Or setidaknya lima kali, karena dia masih sangat muda dan memiliki bakat. Tapi dia harus pergi ke kompetisi elit," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA