Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Arsene Wenger Tertarik Jadi Pelatih Baru Muenchen

Rabu 06 Nov 2019 19:14 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Arsene Wenger.

Arsene Wenger.

Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Arsene Wenger tertarik menjadi pelatih Muenchen menggantikan Niko Kovac

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kekalahan memalukan 1-5 dari Eintracht Frankfurt, akhir pekan lalu, akhirnya memaksa manajemen Bayern Muenchen untuk mengakhiri kerjasama dengan Niko Kovac, yang duduk sebagai pelatih tim utama Die Bayern. Sejumlah nama pelatih pun digadang-gadang bakal menggantikan Kovac dan mengisi kursi pelatih FC Hollywood, tidak terkecuali mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger.

Sejak memutuskan mundur sebagai pelatih Arsenal pada 2018 silam, Wenger memang belum menemukan klub baru. Pelatih berusia 70 tahun itu lebih banyak tampil sebagai pundit ataupun komentator di sejumlah laga-laga bergengsi.

Menjawab rumor soal ketertarikan Bayern Muenchen, Wenger mengaku, tidak menutup kemungkinan untuk berdialog dengan manajemen Die Bayern. Bahkan, pelatih asal Prancis itu memberi sinyal ketertarikannya untuk melatih Muenchen. Wenger pun mengaku mulai merindukan sejumlah hal yang biasa dia dapatkan kala melatih sebuah tim.

''Tentu saja (tertarik menangani Muenchen). Melatih adalah sesuatu yang telah saya lakukan di sebagian besar hidup saya. Semua orang yang pernah melatih tentu bisa mengerti. Saya rindu akan banyak hal, mulai dari intensitas permainan, persiapan menjelang laga, hingga kepuasan saat meraih kemenangan,'' kata Wenger saat menjadi komentator dalam salah satu laga Liga Champion di program televisi BeIN Sports, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (6/11).

Pelatih terlama yang pernah menukangi Arsenal itu menambahkan, pengalaman melatih selama 36 tahun tentu tidak bisa dilupakan begitu saja. Terlebih, Wenger selalu mampu berada dalam jajaran pelatih elit Eropa, setidaknya sejak mulai menangani Arsenal pada 1996 silam. Wenger pun menyebut, masa istirahat selama satu tahun sudah cukup baginya.

''Saya memulai karier kepelatihan dari usia 36 tahun dan terus melatih tanpa berhenti hingga 65 tahun, serta berada di level tertinggi. Sekarang, bisa beristirahat selama satu tahun, rasanya tidak buruk buat saya,'' tutur pelatih berjuluk The Professor, yang telah mempersembahkan tiga titel Liga Primer Inggris buat Arsenal tersebut.

Sebenarnya, selain Wenger ada sejumlah nama pelatih top lain yang terus dihubung-hubungkan dengan kursi pelatih Bayer Muenchen. Mulai dari Jose Mourinho, Massimiliano Allegri, Thomas Tuchel, hingga mantan pelatih RB Leipzig, Ralf Rangnick.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA