Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Timnas U-19 Taklukkan Timor Leste 3-1

Rabu 06 Nov 2019 21:13 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan

Pesepakbola Timnas Indonesia Muhammad Salman Alfarid (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Timnas Timor Leste Elias Joao Mesquita pada pertandingan kualifikasi AFC U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (6/11).

Pesepakbola Timnas Indonesia Muhammad Salman Alfarid (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Timnas Timor Leste Elias Joao Mesquita pada pertandingan kualifikasi AFC U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (6/11).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Timnas U-19 meraih kemenangan perdana di kualifikasi Piala AFC U-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas U-19 Indonesia memetik kemenangan pada pertandingan perdana Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Skuat Garuda Nusantara mengalahkan timnas Timor Leste dengan skor 3-1 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Madya Jakarta, Rabu (6/11) malam WIB.

Timnas U-19 berhasil unggul cepat pada menit ke-2. Berawal dari  umpan tendangan pojok yang dieksekusi Beckham Putra dan diselesaikan dengan tandukan ke gawang oleh Muhammad Fajar Fathur.  Meski kedua tim punya sejumlah peluang, namun babak pertama ditutup dengan keunggulan timnas U-19 dengan skor 1-0.

Di babak kedua, Timor Leste mampu menyamakan kedudukan di menit ke-51 melalui tendangan dari titik putih. Berawal dari kesalahan yang dilakukan pemain belakang, Mouzinho de Lima berhasil memanfaatkannya dan melakukan penetrasi ke gawang Indonesia. Ernando pun terpaksa melakukan pelanggaran di kotak 16 saat tak ada lagi pemain belakang yang mengawal.

Wasit menghadiahkan tendangan penalti bagi Timor Leste atas pelanggaran tersebut. Paulo Freitas yang bertindak sebagai algojo berhasil menyelesaikan tugasnya. Skor berubah imbang 1-1.

Pada menit ke-58, timnas Timor Leste harus bermain dengan 10 pemain, setelah Nelson Pinto melakukan pelanggaran keras terhadap Bagus Kahfi dan mendapatkan kartu merah. Empat menit kemudian Indonesia langsung mencetak gol kedua melalui tendangan keras dengan kaki kanan yang dilesatkan oleh David Maulana dari luar kotak 16 setelah menerima umpan tarik dari Fajar Fathur dari sisi kanan serangan.

Skuat Garuda Nusantara kembali mendapatkan peluang pada menit ke-70 melalui kombinasi serangan yang dibangun dari sisi kiri. Namun, tendangan Beckham saat melakukan penyelesaian akhir masih belum menemui sasaran. Bola hanya melambung di atas mistar gawang. Selang empat menit, pemain Indonesia kembali membuat riuh tribun penonton saat percobaan yang dilakukan oleh Beckham dan Bagus dua-duanya hanya membentur mistar gawang.

Indonesia akhirnya memperlebar kedudukan pada menit ke-77. Fajar berhasil mencetak gol keduanya pada laga ini saat menyelesaikan umpan matang yang diberikan oleh Supriadi. Gelombang serangan terus dilancarkan oleh Garuda Nusantara, namun beberapa peluang yang diciptakan belum membuahkan gol tambahan bagi Indonesia. Seperti pada menit ke-88 tendangan Salman Alfarid dari kotak 16 hanya membentur tiang dan keluar lapangan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA