Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Pelatih Celtic Puas Timnya Lolos ke 32 Besar Liga Europa

Jumat 08 Nov 2019 05:50 WIB

Red: Ratna Puspita

Para pemain Celtic merayakan kemenangan atas Lazio di Stadion Olimpico.

Para pemain Celtic merayakan kemenangan atas Lazio di Stadion Olimpico.

Foto: EPA-EFE/MAURIZIO BRAMBATTI
Olivier Ntcham mencetak gol kemenangan untuk membawa Celtic menang 2-1 atas Lazio.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Olivier Ntcham mencetak gol penentu kemenangan yang dramatis untuk membawa Celtic menang 2-1 atas Lazio, Jumat (8/11) dini dini hari. Kemenangan itu sekaligus mengantarkan juara Liga Skotlandia itu ke babak 32 besar Liga Europa.

Baca Juga

Tim asuhan Neil Lennon itu memuncaki Grup E meski masih menyisakan dua pertandingan. Celtic meraih tujuh poin di atas Lazio yang menempati peringkat ketiga klasemen grup ini setelah dua kali menang berturut-turut atas klub berbasis di Roma itu.

"Menyenangkan bisa lolos dengan masih menyisakan dua pertandingan," kata Lennon kepada uefa.com. "Masih terlalu dini mengatakan seberapa jauh kami bisa melangkah dalam kompetisi ini tetapi kami bisa menjadi lawan yang sulit untuk siapapun."

Ciro Immobile membawa tim tamu unggul dengan tendangan voli pada menit ketujuh. Namun, James Forrest menyamakan kedudukan sebelum babak pertama selesai dengan gol kesebelasnya musim ini.

Kedua tim menyia-nyiakan peluang pada babak kedua sebelum gelandang asal Prancis, Ntcham, mencetak gol penentu kemenangan Celtic. Ntcham memanfaatkan umpan manis dari rekan senegaranya Odsonne Edouard pada menit kelima masa injuri.

"Realistis saja kami hanya punya peluang kecil untuk lolos," kata pelatih Lazio Simone Inzaghi.

Ini untuk tiga musim berturut-turut Celtic yang juara Eropa pada 1967 mencapai 32 besar Liga Eropa. Namun pada fase knock ut itu, Celtic dikalahkan Valencia dan Zenit Saint Petersburg pada dua pertemuan sebelumnya.

Pada pertandingan lainnya grup ini, CFR Cluj tinggal satu poin untuk lolos ke babak gugur setelah menaklukkan Rennes 1-0 di Rumania. Mantan pemain sayap Barcelona Munir El Haddadi menciptakan trigol ketika Sevilla menelan Dudelange 5-2 untuk mencapai babak gugur.

Sevilla yang juara lima kali kompetisi ini sudah tahu kemenangan di Luksemburg akan mengantarkan mereka menjuarai Grup A dan sekaligus lolos ke fase knockout. Munas Dabbur membuka gol sebelum digandakan El Haddadi yang dibeli dari Barcelona Januari lalu.

Pemain berusia 24 tahun itu kemudian menciptakan gol mempesona pada menit ke-33 yang disusul dengan gol kedua Dabour sehingga sebelum babak pertama usai Sevilla sudah unggul 4-0. Pada menit ke-66, Sevilla menjadikan kedudukan menjadi 5-0 setelah El Haddadi menciptakan gol ketiganya dalam laga itu.

Dua gol Danel Sinani menjadi pelipur lara untuk tuan rumah yang masih berpeluang lolos karena meski menduduki peringkat terbawah. Namun, hanya satu poin di bawah APOEL dan Qarabag setelah APOEL menang 2-1 melawan Qarabag di kandangnya di Nicosia.

PSV Eindhoven, juara edisi 1978, menelan kekalahan memalukan 1-4 dari tim Austrian LASK Linz sehingga tergelincir ke posisi ketiga Grup D di belakang Sporting Lisbon yang menang 2-0 melawan Rosenborg. Standard Liege menyalip Eintracht Frankfurt ke posisi kedua Grup F di bawah Arsenal setelah menang 2-1 melawan semifinalis musim lalu itu.

Manchester United bisa lolos ke fase gugur jika menang melawan Partizan Belgrade, demikian AFP.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA