Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Fakhri: Timnas U-19 Manfaatkan Kelemahan Sayap Hong Kong

Sabtu 09 Nov 2019 03:46 WIB

Red: Israr Itah

Pesepakbola Timnas Indonesia Mochammad Supriadi (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Timnas Hongkong Chan Yu Tung pada pertandingan kualifikasi AFC U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/11).

Pesepakbola Timnas Indonesia Mochammad Supriadi (kanan) berebut bola dengan pesepakbola Timnas Hongkong Chan Yu Tung pada pertandingan kualifikasi AFC U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/11).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Fakhri menginstruksikan para pemainnya mengarahkan bola ke sisi sayap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Fakhri Husaini mengatakan, kemenangan skuatnya 4-0 atas Hong Kong dalam lanjutan laga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (8/11), terjadi karena berhasil memanfaatkan kelemahan lawan. Menurut Fakhri, Hong Kong lemah di sisi sayap.

Baca Juga

Fakhri menginstruksikan para pemainnya mengarahkan bola ke sisi sayap, di mana ada pemain seperti Mochammad Supriadi dan Muhammad Fajar Fathur Rahman. Selain itu, di lini pertahanan juga ada bek sayap kanan Amiruddin Bagas yang kerap membantu serangan di area lebar lapangan.

Taktik itu berjalan dengan baik. Hong Kong kelabakan menghadapi kecepatan dan kemampuan individu pemain Indonesia. Gol pertama tercipta setelah Amiruddin Bagas merangsek masuk dari sebelah kiri pertahanan Hong Kong.

Saat gol kedua, Hong Kong kembali tak mampu menghentikan pemain sayap Indonesia, kali ini Mochammad Supriadi. Supriadi berhasil mengirimkan umpan ke depan kotak penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Muhammad Fajar.

Skema serupa berbuah gol keempat. Gebrakan Amiruddin Bagas dari sayap kanan membuat bek Hong Kong terpaksa melakukan pelanggaran di kotak penalti. Saudara kembar Bagas, Amiruddin Bagus mengubah kesempatan itu menjadi gol di menit ke-90+4.

"Seluruh pemain bekerja keras untuk membongkar pertahanan lawan dari sayap. Alhamdulillah kami mendapatkan tiga poin yang menjadi modal untuk laga terakhir menghadapi Korea Utara," kata Fakhri.

Sementara kapten timnas U-19 Indonesia David Maulana bersyukur skuatnya mampu menaklukkan Hong Kong.

Pemain yang sudah membuat satu gol dan satu assist di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 itu menegaskan timnya tetap konsentrasi untuk pertandingan terakhir Grup K kontra Korea Utara, Ahad (8/11).

"Saya tegaskan tim fokus dan kompak," tutur David.

Tim nasional U-19 Indonesia kokoh di puncak klasemen sementara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 usai mengalahkan Hong Kong dengan skor 4-0. Indonesia berada di puncak Grup K dengan mengoleksi enam poin dari dua pertandingan. Di peringkat kedua ada Korea Utara yang berpoin empat seusai menaklukkan Timor Leste dengan skor 4-0 juga pada Jumat.

Sementara di posisi ketiga dan keempat diisi oleh Hong Kong dan Timor Leste. Timor Leste sendiri dipastikan tidak lolos ke Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 setelah selalu kalah di dua laga Grup K.

Untuk lolos ke Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, Indonesia tinggal membutuhkan hasil seri kontra Korea Utara di pertandingan pamungkas yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA