Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Timnas Indonesia U-19 Vs Hong Kong U-19, Ujian Sesungguhnya

Jumat 08 Nov 2019 13:50 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Pesepakbola Timnas Indonesia Muhammad Fajar Fathur (kiri) melakukan selebrasi usai memasukan bola ke gawang Timnas Timor Leste pada pertandingan kualifikasi AFC U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (6/11).

Pesepakbola Timnas Indonesia Muhammad Fajar Fathur (kiri) melakukan selebrasi usai memasukan bola ke gawang Timnas Timor Leste pada pertandingan kualifikasi AFC U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (6/11).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sebelumnya, Hong Kong mengejutkan tim favorit Grup K, Korea Utara, dengan skor 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai membekap Timor Leste pada partai pembuka Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19, timnas Indonesia U-19 kini dihadapkan dengan ujian sesungguhnya. Pasukan asuhan Fakhri Husaini akan bertemu lawan kuat, timnas Hong Kong U-19, pada matchday kedua yang berlangsung di Stadion Madya, Jumat (8/11).

Setelah menggilas Timor Leste 3-1, tak ada waktu panjang bagi skuat Garuda Muda melakukan istirahat. Fajar Fathur Rochman dan kolega sudah harus fokus dan berjibaku ketika bersua Hong Kong.

Ini tentu menjadi tantangan bagi Garuda Muda untuk bisa kembali menunjukkan performa gemilang sekaligus mempertahankan posisi teratas klasemen Grup K. Sebelumnya, Hong Kong bermain imbang 1-1 kontra Korea Utara.

Jarak pertandingan yang begitu dekat mengharuskan timnas Indonesia U-19 menjaga kondisi fisik. Meski tak mengesampikan rotasi pemain, Fakhri mengklaim anak asuhnya sangat termotivasi untuk kembali mendulang angka sempurna.

"Saya terus memantau sejauh mana perkembangan terakhir, soal kebugaran, kebutuhan taktikal, dan dari sana saya akan memutuskan siapa yang akan turun melawan Hong Kong," kata Fakhri kepada awak media, Kamis (7/11).

Dua dari tiga gol kemenangan Indonesia atas Timor Leste dicetak oleh Fajar Fathur Rochman, dengan satu gol lainnya hadir melalui David Maulana. Sayang, Fakhri menilai Garuda Muda gagal menjaga clean sheet.

Kini, dengan kualitas lawan yang jauh berbeda allenatore kelahiran Lhokseumawe itu meminta prajuritnya untuk bermain fokus hingga peluit akhir berbunyi. Sedangkan, aspek teknis dan mentalitas pemain terus menjadi sorotan Fakhri jelang laga penting.

"Mereka (Hong Kong) mempunyai organisasi permainan yang sangat rapi dan pertahanan disiplin. Praktis, mereka tentu akan mengandalkan dua kekuatan tersebut," sambung pelatih berusia 54 tahun.

Hal senada juga diucapkan pahlawan kemenangan Indonesia atas Timor Leste, Fathur Rochman. Ia berharap rekan setimnya tampil disiplin sepanjang laga dan terus bekerja keras ketika berada di atas lapangan.

Lebih lanjut, winger asal Papua itu menjelaskan, masih ada beberapa kelemahan yang dimiliki timnya. Di antaranya adalah tumpulnya lini gedor skuat Garuda Muda. Beberapa kali timnas U-19 kerap membuang-buang peluang emas untuk dikonversi menjadi gol. "Ada sedikit masalah di penyelesaian akhir. Jadi saya harap hal itu segera teratasi ketika bermain melawan Hong Kong," kata Fathur Rochman.

Mewaspadai timnas Hong Kong U-19 bukanlah hal yang berlebihan. Sebab, Hong Kong mampu mengejutkan tim favorit Grup K, Korea Utara, dengan skor 1-1 di laga pembuka.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA