Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Lewati Jambi-Sumbar, Hardianto Rebut Juara Etape VIII TdS

Sabtu 09 Nov 2019 18:16 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Pebalap Indonesia dari PGN Road Cycling Team, Jamalidin Novardianto melakukan selebrasi saat memasuki garis finish pada etape kedua Tour de Singkarak (TDS) 2019, di Kawasan Jam Gadang, Bukitinggi, Sumatera Barat, Ahad (3/11/2019).

Pebalap Indonesia dari PGN Road Cycling Team, Jamalidin Novardianto melakukan selebrasi saat memasuki garis finish pada etape kedua Tour de Singkarak (TDS) 2019, di Kawasan Jam Gadang, Bukitinggi, Sumatera Barat, Ahad (3/11/2019).

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Juara umum semakin dekat ke dalam genggaman Jesse Ewart asal Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN -- Pembalap sepeda dari tim PGN Road Cycling Jamalidin Novardianto berhasil finis pertama di etape VIII Tour de Singkarak (TdS), Sabtu (9/11). Jamal secara heroik menikung pembalap Filipina Rustom Lim dari tim 7 Eleven Cliqq yang memimpin lomba sejak dari Kota Sungai Penuh, Jambi, sampai Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

Jamal mencatatkan waktu 5 jam 4 menit 46 detik. Ia unggul dari Lim yang juga mencatatkan waktu yang sama. Tapi Jamal unggul beberapa milidetik dari Lim sehingga ia berhak atas podium utama di Ruang Terbuka Hijau Kota Painan.

"Saya besar di kota (Painan) ini. Terima kasih semua masyarakat telah memberikan dukungan. Saya senang bisa juara di sini," kata Jamalidin usai pengalungan medali juara etape VIII.

Sementara podium ketiga diamankan oleh pimpinan klasemen sementara Jesse Ewart dari tim Sapura Cycling Malaysia. Ewart juga melakukan sprint maksimal beberapa meter menjelang garis finis.

Pantauan Republika.co.id sepanjang balapan, Ewart terkesan menjaga ritme sehingga tidak masuk lima besar. Tapi di beberapa kilometer menjelang finis, pembalap 25 tahun itu melesat kencang sehingga ia dapat menyisihkan pembalap lain dari urutan tiga. Pembalap asal Australia itu menyelesaikan balapan dengan waktu 5 jam 6 menit 56 detik.

Hasil ini membuat Ewart tinggal selangkah lagi merebut juara umum Tour de Singkarak 2019. Gelar juara yang juga ia menangkan tahun lalu. Sampai etape VIII ini selesai, Ewart kokoh di puncak klasemen dengan catatan waktu total 31 jam 49 menit 18 detik.

Saingan Ewart di tabel klasemen yang tak lain rekannya di tim Sapura, Cristian Raileanu, justru tidak masuk dalam 10 besar finis di Painan. Pembalap asal Moldova itu mencatatkan waktu total 31 jam 51 menit 01 detik. Di urutan tiga klasemen ada Mirsamad Pourseyedi dari tim Omidnia Mashhad Team dari Iran dengan catatan waktu total 31 jam 53 menit 21 detik.

TdS menyisakan satu etape lagi besok yakni etape IX, Ahad (10/11). Etape terakhir akan dimulai dari Pantai Carocok, Painan, menuju Kota Padang. Andai Ewart dapat menjaga performanya minimal mengunci lima besar saja, ia akan keluar sebagai juara umum TdS 2019.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB