Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Liverpool Taklukkan Manchester City di Anfield

Senin 11 Nov 2019 01:40 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Bayu Hermawan

Pemain Liverpool Mohamed Salah berduel dengan pemain Manchester City Fernadinho dalam pertandingan di Stadion Anfield, Ahad (10/11) WIB.

Pemain Liverpool Mohamed Salah berduel dengan pemain Manchester City Fernadinho dalam pertandingan di Stadion Anfield, Ahad (10/11) WIB.

Foto: AP
Kemenangan Liverpool atas City membuatnya kokoh di puncak klasemen sementara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool sukses mengamankan poin penuh saat menjamu Manchester City pada laga lanjutan pekan ke-12 Liga Premier Inggris di Anfield, Ahad (10/11) malam WIB. The Reds mengalahkan the Citizen dengan skor 3-1.

Tambahan tiga poin membuat tim asuhan Juergen Klopp semakin kokoh di puncak klasemen dengan torehan 34 poin. Laga ini pun menjadi laga ke-12 Liverpool tanpa satu pun kekalahan.

Tampil di kandang lawan, Manchester City tak ragu memberikan inisiatif serangan sejak menit-menit awal pertandingan. Namun, Liverpool berhasil mencuri angka lebih dulu pada menit ke-6 melalui tendangan jarak jauh yang dilesatkan Fabinho dari luar kotak 16 saat menerima bola rebound dari pemain belakang the Citizen. Liverpool pun unggul 1-0 atas Manchester City.

The Citizen hampir menyamakan kedudukan saat mendapatkan hadiah tendangan bebas di wilayah pertahanan Liverpool. Namun, beruntung bagi Liverpool tak ada yang mampu menyambut tendangan bebas yang dilesatkan oleh Bernardo Silva.

Enam menit berselang, tim tuan rumah berhasil memperlebar kedudukan melalui gol yang diciptakan Mohamed Salah saat menerima umpan dari Andrew Robertson dari sisi kiri. Salah yang berada di sisi kanan dengan cerdik melepaskan tandukan ke sisi kanan gawang sehingga tak tergapai oleh Claudio Bravo. The Reds pun unggul 2-0 atas the Citizen.

Tertinggal, City terus tampil menekan untuk membongkar pertahanan Si Merah. Beberapa percobaan pun dilakukan, seperti pada menit ke-24 Ilkay Guendogan melepaskan tembakan dari luar kotak 16 namun masih berhasil diamankan. Selanjutnya, Sergio Aguero juga melakukan percobaan saat mendapat ruang tembak di kotak 16, namun upaya tersebut juga masih dapat digagalkan.

Sementara itu, peluang emas kembali didapatkan oleh Liverpool pada menit ke-38 melalui tendangan Roberto Firmino dari tengah kotak 16. Beruntung bagi the Citizen, Claudio Bravo berhasil mengantisipasi tendangan tersebut. Adapun di menit ke-42, Aguero kembali memberikan ancaman ke gawang Liverpool.

Baca Juga

Namun tembakan yang ia lesatkan dengan kaki kirinya masih meleset di sisi kiri gawang. Kedua tim secara bergantian saling jual-beli serangan di waktu yang tersisa, namun belum ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 bagi Liverpool.

Manchester City memulai babak kedua dengan melancarkan serangan langsung ke gawang Liverpool. Percobaan pertama dilakukan Kevin de Bruyne dengan melepaskan tendangan ke gawang ketika mendapat ruang di kotak 16 pada menit ke-48. Namun, bola berhasil dihalau oleh pemain belakang Liverpool. Tak berselang lama,Ilkay Gundogan juga melakukan percobaan dari luar kotak 16. Namun, usaha tersebut kembali berhasil digagalkan.

Sementara itu, Liverpool justru berhasil menambah keunggulan di menit ke-51 melalui gol yang diciptakan Sadio Mane. Bermula dari serangan di sisi kanan, Jordan Handerson berhasil melepaskan umpan ke tengah gawang, Mane yang sudah bersiap di posisinya berhasil menanduk bola dan menggetarkan gawang Manchester City. Gol tersebut membawa The Reds unggul 3-0.

Manchester City terus menekan lini pertahanan Liverpool. Seperti pada menit ke-53 Raheem Sterling melakukan percobaan dengan melesatkan tendangan ke gawang dari luar kotak 16. Namun, usaha tersebut masih dapat diblokir oleh pemain belakang Liverpool. Tak puas, skuat asuhan Guardiola kembali mengancam gawang Alisson Becker, melalui usaha yang dilakukan Kevin de Bruyne, namun lagi-lagi belum ada titik terang untuk menembus pertahanan Liverpool.

Gelombang serangan terus dilancarkan oleh the Citizen ke lini pertahanan Liverpool sehingga memaksa seluruh pemain Liverpool bermain di lini pertahanan. City pun akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol yang diciptakan Bernardo Silva pada menit ke-78.

Silva berhasil melesatkan bola ke sisi kiri gawang yang tak tergapai oleh Alisson dengan tendangan kaki kiri dari kotak 16. Beberapa peluang lainnya pun berhasil diciptakan City, namun tak ada gol yang mampu merubah kedudukan. Laga pun berakhir dengam skor 3-1, kemenangan bagi tim tuan rumah.

Saat ini Liverpool duduk diperingkat pertama dengan torehan 34 poin hasil dari 11 kemenangan dan satu kali hasil imbang. Sementara City, gagal menempel Liverpool dan harus turun ke peringkat keempat dengan 25 poin, hasil dari delapan kali menang, tiga kali kalah dan satu kali imbang.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA