Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Saudi Bebaskan Wanita Tonton Piala Super Spanyol di Stadion

Selasa 12 Nov 2019 08:10 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Penonton wanita dalam stadion. (ilustrasi)

Penonton wanita dalam stadion. (ilustrasi)

Foto: EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH
Wanita akan diizinkan menonton Piala Super Spanyol tanpa adanya pembatasan .

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Piala Super Spanyol diputuskan digelar di Jedahh, Arab Saudi. Ajang yang sebelumnya mempertemukan juara La Liga dan kampiun Copa del Rey ini bertransformasi menjadi mini turnamen empat tim setelah Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menjalin kerja sama tiga tahun dengan pemerintah. 

Baca Juga

Untuk edisi pertama 2019/2010, Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid dan Valencia akan berpartisipasi. Empat tim top ini diperkirakan akan menarik minat warga setempat untuk datang langsung ke stadion, termasuk wanita.

Sebelumnya, ada larangan wanita menyaksikan pertandingan sepak bola di stadion. Kalaupun boleh, biasanya penonton wanita akan dipisah tempat duduknya dengan pria.

Namun, dikutip dari Marca, Selasa (12/11), wanita akan diizinkan menonton Piala Super Spanyol tanpa adanya pembatasan baik itu tempat duduk maupun pakaian. Sebab, dengan budaya Arab Saudi yang berbeda dengan dunia Barat, ada kekhawatiran kalau wanita tidak akan diperlakukan sama dalam pertandingan yang mungkin akan menyajikan laga El Clasico tersebut.

Ada banyak aturan yang mencegah wanita menikmati keistimewaan dan kebebasan sebagaimana laki-laki. Namun, Federasi Sepak bola Spanyol (RFEF) dan otoritas Arab Saudi akhirnya sepakat mengizinkan perempuan masuk ke stadion. Wanita juga diizinkan masuk ke area sesuai dengan tiket yang mereka beli dan menggunakan pakaian apa pun yang mereka inginkan.

Presiden RFEF Luis Rubiales mengatakan ingin Piala Super Spanyol berkontribusi terhadap penyebab kesetaraan gender di Arab Saudi. 

Sebagai bagian kerja sama yang ditandatangani RFEF dan otoritas olahraga Arab Saudi, ada rencana mengembangkan sistem liga wanita di negara tersebut. Ada juga diskusi terkait dengan perkenalan tim nasional Arab Saudi dan Spanyol siap melawan dalam pertandingan persahabatan. 

Kesepatakan ini telah ditandatangani selama tiga tahun, walaupun RFEF telah menerima beberapa tawaran dari negara lain untuk menggelar Piala Super Spanyol. Alasannya, RFEF bisa memilih Arab Saudi karena klub tidak menempuh perjalanan panjang. Efek jet lag-nya bisa ditekan seminimal mungkin.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA