Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Persebaya Taklukkan PSM di Balikpapan

Kamis 14 Nov 2019 22:59 WIB

Red: Israr Itah

Penyerang Persebaya Diogo Campos Gomes

Penyerang Persebaya Diogo Campos Gomes

Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Hasil ini menguatkan Persebaya di posisi 11 klasemen dengan nilai 35 dari 27 laga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persebaya Surabaya mengamankan tiga angka saat menjamu PSM Makassar dalam laga tunda pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019. Persebaya menaklukkan PSM 3-2 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (14/11).

Baca Juga

Hasil ini menguatkan Persebaya di posisi 11 klasemen dengan nilai 35 dari 27 laga. Sementara PSM tertahan di peringkat sembilan dengan nilai 36 dari 26 pertandingan.

Jalannya laga

Persebaya mendapat tekanan lebih dulu pada lima menit awal. Namun kiper Miswar Saputra mampu menghalau ancaman dari PSM. Tapi tak lama kemudian Oktafianus Fernando dan David da Silva membalas, tapi tembakan keduanya masih bisa diantisipasi oleh Rivky Deython Mokodompit, kiper PSM.

Memasuki menit ke-12, Ferdinand Alfred Sinaga, Rizky Ahmad Sanjaya Pellu, hingga Rasyid Assahid Bakri berulang kali memberikan tekanan ke pertahanan Persebaya. Tetapi bisa diantisipasi lini belakang Bajol Ijo yang mengandalkan duet Mokhamad Syaifuddin dan Andri Muliadi. Selain itu kiper Miswar Saputra mampu mengantisipasi sejumlah umpan silang dari PSM.

Hingga laga berjalan 20 menit, belum ada gol yang tercipta. Persebaya terus berupaya membongkar pertahanan PSM hingga akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-26. Kerja sama apik Oktafianus Fernando dengan David da Silva membuahkan gol keempat bagi penyerang plontos itu.

Persebaya mencoba mempertahankan keunggulan. Sementara pemain-pemain PSM berupaya membalas. PSM mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-39. Gawang Persebaya bergetar setelah tendangan keras Rizky Pellu di depan kotak penalti tak mampu dijangkau Miswar Saputra. 

Pada awal babak kedua, Persebaya langsung menekan. Bajul Ijo akhirnya kembali memimpin pada menit ke-51 setelah tendangan David da Silva tak mampu dijangkau Rivky Deython Mokodompit. Penyelamatan apik dipertontonkan Miswar Saputra dalam menepis tembakan bebas Marc Anthony Klok pada menit ke-56.

Persebaya kembali mendapat kesempatan menambah keunggulan ketika laga memasuki menit ke-66. Wasit Nusur Fadilah menunjuk titik putih setelah tangan Rizky Pellu menyentuh bola. Diogo Campos Gomes yang ditunjuk sebagai eksekutor mampu mengecoh kiper PSM, Rivky Mokodompit. Persebaya memimpin 3-1 atas PSM di menit ke-68.

Satu kemelut tercipta di gawang Persebaya. Tetapi barisan belakang Persebaya tampil apik menghalau ancaman yang dikoordinasi oleh Rizky Pellu. Sayang gawang Persebaya tetap bergetar pada menit ke-80. Umpan dari Rasyid Bakri bisa diselesaikan dengan tandukan Amido Balde yang tak bisa dijangkau Miswar Saputra. 

Persebaya mendapat hukuman penalti setelah Ferdinan Sinaga dianggap dilanggar oleh Andri Muliadi pada menit ke-89. Kiper Miswar Saputra tampil brilian menghentikan tendangan 12 pas dari Marc Klok. Kiper asal Aceh itu membaca tembakan Marc Klok yang mengarah ke sisi kanan gawang Persebaya.

Persebaya terus mencoba menciptakan ancaman ke pertahanan PSM. sejumlah peluang tercipta di pengujung laga. Diantaranya melalui sontekan Fandi Eko Utomo yang masih melebar di sisi kanan gawang PSM. Tak lama kemudian peluit panjang ditiup wasit Nusur Fadilah menandakan laga usai dengan skor 3-2 untuk kemenangan Persebaya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA