Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Posisi Madrid Kurang Menguntungkan di Laga Tunda El Clasico

Sabtu 16 Nov 2019 07:01 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

El Clasico Barcelona Vs Real Madrid.

El Clasico Barcelona Vs Real Madrid.

Foto: Yudha Manggala P P
Barcelona memiliki waktu istirahat 29 jam lebih lama ketimbang Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Otoritas Penyelenggara La Liga Spanyol dan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) akhirnya mencapai kata sepakat terkait jadwal pengganti laga el clasico perdana di pentas La Liga musim ini. Partai Barcelona kontra Real Madrid, yang sedianya digelar pada 26 Oktober 2019, bakal diselenggarakan pada Rabu (18/12) malam waktu setempat.

Laga el clasico itu akan tetap digelar di kandang Barcelona, Stadion Camp Nou. Sebelumnya, La Liga dan RFEF menunda laga el clasico tersebut lantaran alasan keamanan menyusul gelombang aksi unjuk rasa yang terjadi di Barcelona dalam beberapa pekan terakhir. Setelah sempat berlarut-larut, akhirnya La Liga dan RFEF mencapai kata sepakat terkait jadwal pengganti laga tersebut.

Kendati begitu, penentuan Rabu (18/12), sebagai jadwal pengganti laga el clasico dinilai merugikan Real Madrid. Pasalnya, Los Blancos memiliki waktu istirahat yang lebih singkat dibanding Barcelona jelang laga tersebut. Barcelona memiliki waktu istirahat 29 jam lebih lama ketimbang Los Blancos.

Hal ini merujuk pada perbedaan waktu pertandingan yang harus dilakoni Madrid dan Barcelona sebelum tampil di laga el clasico, tepatnya pada jornada ke-17 La Liga. Barcelona dijadwalkan menghadapi Real Sociedad pada Sabtu (14/12) waktu setempat, sedangkan Madrid baru melakoni laga kontra Valencia pada keesokan harinya.

Tidak hanya itu, jadwal putaran terakhir babak penyisihan grup Liga Champions, juga dinilai memberi sedikit keuntungan buat Barcelona terkait persiapan menghadapi el Clasico. La Blaugrana akan melakoni laga terakhir di putaran grup Liga Champions pada Selasa (12/12) waktu setempat, sementara Madrid baru melakoni partai terakhir di penyisihan grup pada Rabu (13/12) waktu setempat.

Posisi tidak menguntungkan Real Madrid jelang laga el clasico ini pun diakui kapten Los Blancos, Sergio Ramos. Menurut bek tengah timnas Spanyol itu, seharusnya dua pelakon el clasico itu memainkan laga pada pekan ke-17 pada hari yang sama. Sehingga, kedua tim memiliki masa istirahat yang sama sebelum akhirnya saling berhadapan di Stadion Camp Nou.

''Akhirnya, Real Madridlah yang mengalah. Seharusnya, kami bermain di hari yang sama dengan Barcelona pada pekan ke-17 La Liga. Sehingga, kedua tim memiliki waktu istirahat yang sama. Kendati begitu, kondisi ini tidak menyurutkan langkah kami untuk memburu kemenangan di laga itu,'' kata Ramos kepada AS, Jumat (15/11).

Keluhan serupa juga diungkapkan pemain bertahan Real Madrid, Nacho Monreal. Bek sayap asal Spanyol itu menilai, seharusnya semua tim memiliki waktu istirahat yang sama.

Kondisi serupa pun diharapkan saat Madrid menghadapi Barcelona. Namun, senada dengan Ramos, Nacho tidak mau kerugian terkait perbedaan waktu istirahat itu menjadi alasan buat Los Blancos untuk tidak tampil maksimal di laga kontra rival terkuatnya tersebut.

''Kami memiliki skuat yang cukup mumpuni untuk bisa mengimbangi permainan mereka dan meraih kemenangan. Kami tidak mau mencari-cari alasan. Mungkin, seharusnya kami memiliki waktu istirahat yang sama dengan mereka, tapi kami akan datang ke sana untuk meraih kemenangan,'' kata Nacho kepada Marca.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA