Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Hendra/Ahsan Berhasil Melaju ke Babak Final Hong Kong Open

Sabtu 16 Nov 2019 19:43 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Andri Saubani

Ganda Putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan.

Ganda Putra Indonesia Hendra Setiawan (kiri) dan Mohammad Ahsan.

Foto: Georgios Kefalas/EPA-EFE
Hendra/Ahsan mengalahkan Li Jun Hui/Li Yu Chen pada babak semifinal.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Satu tiket final berhasil diamankan pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di ajang Hong Kong Open 2019 setelah mengalahkan ganda putra China, Li Jun Hui/Liu Yu Chen, lewat permainan rubber game dengan skor akhir 21-13, 16-21, 21-16.

Hendra/Ahsan menjalani gim pertama dengan lancar. Langsung unggul 2-0 hingga saat interval gim pertama memimpin 11-7 hanya dalam waktu lima menit. Usai istirahat, perolehan angka Hendra/Ahsan Melesat 13-7, 17-9 dan akhirnya sebuah pukulan yang memanjang dari Liu Yu Chen dinyatakan keluar menutup gim ini 21-13 dalam waktu 12 menit.

Pasangan berjuluk The Daddies ini berpeluang memenangkan laga dalam dua gim langsung. Memimpin 11-9 saat jeda gim kedua, Hendra/Ahsan melaju dengan 14-10. Namun justru setelah itu lawan berbalik menekan dan berhasil meraih tujuh angka beruntun membalikkan keadaan 17-14. Hanya dua angka tambahan yang berhasil diraih Hendra/Ahsan di gim kedua ini 16-21 sehingga laga harus dilanjutkan di gim ketiga

Menang mudah di gim pertama, Hendra/Ahsan kewalahan dengan perubahan permainan yang dijalankan Li/Liu pada gim kedua. Tempo permainan dipercepat oleh Li/Liu, tipe permainan seperti ini memang disukai Li/Liu.

"Di gim kedua, mereka ubah permainan jadi mau main cepat. Di gim pertama, kami nyerang terus, mereka tidak enak dan di gim selanjutnya mereka lebih mau melawan," ujar Hendra dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Sabtu (16/11).

Di gim ketiga, Hendra/Ahsan pun sempat tertinggal 9-12. Namun, pada kedudukan 14-16, Hendra/Ahsan berhasil mengunci skor Li/Liu dan meraih tujuh angka berturut-turut sekaligus mengamankan tiket final.

"Waktu ketinggalan itu kami cuma berpikir kalau perjalanan masih panjang, jadi kami tidak mau menyerah," kata Ahsan.

"Kami memang harus fokus di servisnya, tadi kami kewalahan di servis, kami coba lebih fokus lagi servisnya dan harus bisa balik serang. Karena kalau dari servis angkat bola, lawan kan masih muda, serangannya lebih kuat, kami kewalahan juga kalau defense terus," ungkap Ahsan.

Laga semifinal pool atas mempertemukan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) dan Choi Solgyu/Seo Seung Jae dari Korea. Pemenang duel ini akan menjadi lawan Hendra/Ahsan di final.

"Mau lawan siapa saja harus siap capek, apalagi bolanya sedikit pelan," komentar Ahsan soal laga final.

Indonesia juga telah memastikan satu wakil di final tunggal putra lewat pertemuan dua wakil di semifinal malam ini yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Sedangkan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja akan berhadapan dengan Yuta Watanabe/Arisa Higashino dari Jepang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA