Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Meski Diimbangi Irlandia Utara, Belanda Tetap Lolos

Ahad 17 Nov 2019 06:04 WIB

Red: Endro Yuwanto

Para pemain timnas Belanda usai menjalani pertandingan internasional.

Para pemain timnas Belanda usai menjalani pertandingan internasional.

Foto: EPA/HUGO DELGADO
Belanda lolos berkat keunggulan head-to-head karena memenangi pertemuan pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional (timnas) Belanda memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020 walaupun ditahan imbang 0-0 oleh tuan rumah Irlandia Utara dalam lanjutan fase kualifikasi Grup C di Stadion Windsor Park, Belfast, Ahad (17/11) dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Belanda mengumpulkan 16 poin dan kini menduduki posisi kedua klasemen di atas Irlandia Utara dengan 13 ppin.

Kendati raihan poin Belanda masih bisa disamai Irlandia Utara di laga pamungkas, namun Belanda lolos berkat keunggulan catatan head-to-head karena memenangi pertemuan pertama kedua tim.

Keputusan pelatih kepala Ronald Koeman yang membangkucadangkan Georginio Wijnaldum dan Memphis Depay, dua pemain paling berpengaruh bagi Belanda di beberapa laga terakhir, terbukti membuat lini depan skuat Oranje tumpul.

Dominasi 69 persen penguasaan bola Belanda hanya bisa dikonversi menjadi 14 percobaan tembakan yang cuma tiga di antaranya menemui sasaran. Peluang terbaik Belanda lahir pada menit ke-10 saat Quincy Promes menyusuri sektor sayap kiri dan melepaskan umpan tarik yang disambut tembakan Steven Berghuis, namun bola membentur mistar gawang sebelum disapu oleh Jonny Evans.

Sebaliknya, tuan rumah memperoleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-30 saat bola umpan silang yang dikirimkan Paddy McNair mengenai lengan Jeol Veltman di dalam area terlarang setelah terlebih dulu membentur lutut George Saville.

Insiden itu memicu protes para pemain Belanda, namun wasit Szymon Marciniak bergeming dan malah memberi kartu kuning kepada Veltman. Sayangnya, kesempatan emas dari titik putih dibuang percuma oleh Steven Davis yang menjadi algojo dan mengirimkan bola melambung di atas mistar gawang.

Sejumlah peluang lain diperoleh Belanda namun jika tak terlalu jinak untuk diamankan oleh kiper Bailey Peacock-Farrell, skuat Oranye melepaskan tembakan yang terbuang percuma tanpa akurasi, sehingga skor imbang nirgol bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Susunan pemain:

Irlandia Utara (4-2-3-1)
Bailey Peacock-Farrell; Stuart Dallas, Craig Cathcart, Jonny Evans, Jamal Lewis (Jordan Thompson); Corry Evans (Niall McGinn), Steven Davis; Gavin Whyte, Paddy McNair, George Saville (Michael Smith); Josh Magennis
Pelatih: Michael O'Neill

Belanda (4-2-3-1)
Jasper Cillessen; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Daley Blind; Marten de Roon (Davy Proepper), Frenkie de Jong; Steven Berghuis (Luuk de Jong), Donny van de Beek, Quincy Promes; Ryan Babel (Nathan Ake)
Pelatih: Ronald Koeman

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA